Transportasi Jakarta

Dibuka Komersil 1 April 2019, Tidak Ada Tempat Sampah Dalam MRT

Lewat tidak adanya tempat sampah, MRT Jakarta katanya yakin kebiasaan makan dan minum di tempat publik akan teredam.

Dibuka Komersil 1 April 2019, Tidak Ada Tempat Sampah Dalam MRT
Dokumentasi Falcon Pictures
Reza Rahadian mencoba naik kereta MRT dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, menuju Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019) sore. 

TANAH ABANG, WARTAKOTALIVE.COM -- Uji coba publik kereta cepat Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) telah usai pada hari ini, Minggu (31/3/2019),

MRT Fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dibuka komersil pada Senin (1/4/2019) besok.

Pantauan Warta Kota, pelayanan kereta listrik yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan itu terlihat sangat baik. Perjalanan dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Lebak Bulus pun terasa mulus.

Namun, berdasarkan pengamatan, Warta Kota tidak menemukan adanya tempat sampah, baik di area stasiun MRT, khususnya area tunggu maupun dalam kabin kereta yang memiliki 13 buah stasiun itu. Tempat sampah hanya dapat ditemukan penumpang di dalam toilet stasiun.

Kondisi tersebut memicu fenomena baru, tidak sedikit penumpang MRT Jakarta yang menenteng sampah bekas makanan dan minuman sesaat meninggalkan kereta. Begitu juga dengan kehadiran petugas yang kerap kali menerima pertanyaan serupa, yakni lokasi tempat sampah.

"Belum tahu ini di mana tempat sampahnya, segini mewahnya MRT masa satu (tempat sampah) juga nggak ada," ungkap Yusuf (35) warga Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur ditemui di Stasiun Bundaran HI pada Minggu (31/3/2019).

Hal tersebut dibenarkan oleh Station Master Bundaran Hotel Indonesia, Bahlfis Walyu.

Petugas yang mengenakan seragam jas berwarna hitam dengan lis kuning pada bagian kerahnya itu menyebutkan MRT tidak menyediakan tempat sampah, kecuali pada area toilet.

Hal tersebut katanya sengaja dilakukan MRT Jakarta untuk membiasakan masyarakat, khususnya penumpang MRT agar tidak makan dan minum di area MRT, baik di area stasiun maupun dalam kabin kereta.

Lewat tidak adanya tempat sampah, MRT Jakarta katanya yakin kebiasaan makan dan minum di tempat publik akan teredam.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved