Bulan April Kali Krapu dan Danau Sunter di Jakut Dibenahi

Dua lokasi pengendalian air di Jakarta Utara yakni Kali Krapu, Ancol dan Danau Sunter Selatan Sisi Timur, Sunter Jaya, akan dibenahi pada bulan April

Bulan April Kali Krapu dan Danau Sunter di Jakut Dibenahi
Warta Kota/Nur Ichsan
Pemukian warga yang berada di tepian Danau Sunter yang berada di wilayah Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, terlihat indah dengan tampilan berwarna warni seperti terlihat Sabtu (24/3/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

TANJUNG PRIOK, WARTAKOTALIVE.COM -- Dua lokasi pengendalian air di Jakarta Utara yakni Kali Krapu, Ancol, Pademangan dan Danau Sunter Selatan Sisi Timur, Sunter Jaya, Tanjung Priok akan dibenahi pada bulan April mendatang.

Pembenahan dilakukan dengan naturalisasi dan penataan. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto mengatakan rencananya, naturalisasi Kali Krapu dan penataan Danau Sunter Selatan Sisi Timur akan mulai dilakukan pada bulan April 2019 mendatang.

“Naturalisasi dan penataan bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Jakarta Utara. Selain jadi bagian dari pengelolaan air, juga akan dibangun lokasi menarik buat warga dan masyarakat Jakarta,” katanya, Rabu (27/3).

Suroto menambahkan naturalisasi dan penataan yang dilakukan juga mendekatkan masyarakat kepada sungai/kanal/waduk/ sebagai ruang terbuka.

Sehingga ada manfaat lain yang dirasakan masyarakat Jakarta Utara. 

“Dengan meningkatnya kualitas air, pemerintah juga ingin agar sungai/kanal/waduk tidak hanya sebagai halaman belakang saja, tetapi juga bisa dijadikan sebagai lokasi interaktif,” tambahnya.

PIC Normalisasi Kali Krapu Wury Anty mengatakan pihaknya melakukan pembangunan pengendalian banjir melalui konsep naturalisasi.

Konsep tersebut dinilai efektif dimana pembangunan tidak harus mengorbankan lingkungan sekitarnya. 

“Kami akan meningkatkan kualitas air dengan tata kelola air tanpa harus menghilangkan kualitas lingkungan,” kata Wury.

PIC Penataan Danau Sunter Selatan Sisi Timur mengatakan akan menjadikan kawasan Danau Sunter sebagai sarana pelatihan olahraga air di tengah kota.

Pemanfaatan itu tentunya akan berdampak maksimal. 

“Kami akan menyelesaikan tepian dengan pembagian zona seperti fasilitas kantor pusat olahraga air, fasilitas penunjang dan simpul Ruang terbuka,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved