Transportasi Jakarta

Nasdem Sebut Prasetyo dan Anies Tidak Sah Menentukan Tarif MRT Sepihak

Bahkan ia khawatir kereta MRT Jakarta ini nantinya hanya dinikmati oleh kalangan atas saja, sebab terlalu mahal untuk masyarakat kelas bawah.

Nasdem Sebut Prasetyo dan Anies Tidak Sah Menentukan Tarif MRT Sepihak
Warta Kota
Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM - Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menilai bahwa keputusan penetapan tarif Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 1 Bundaran HI - Lebak Bulus tidak fair.

Menurutnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menetapkan tarif tersebut secara sepihak, tidak melalui rapat resmi.

"Itu sesuatu yang tidak benar dan itu tidak dapat dilakukan. Karena merubah, atau mengurangi dan menambah (nilai) itu, cuma boleh dilakukan lewat rapat yang resmi," ujar Bestari saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2019).

Bestari merasa bingung, pasalnya pada rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) yang digelar oleh eksekutif dan legislatif pada Senin (25/3/2019), Prasetyo tidak menyetujui tarif rata-rata yang diajukan Anies yakni Rp 10.000 dan mengetuk tarif rata-rata Rp 8.500.

"Kami dari Fraksi Nasdem tidak pernah memberikan persetujuan atau kewenangan kepada ketua DPRD untuk bersepakat seorang diri dengan Gubernur. Artinya kalau bisa saya katakan perubahan dari Rp 8.500 menjadi lebih dari Rp 8.500, itu tidak sah. Keputusannya bukan di tangan ketua DPRD dan Gubernur. Harus melalui rapat resmi. Iya kalau begini, ngapain ada rapat resmi kemarin," ungkap Bestari.

Tarif maksimal dari Bundaran HI ke Lebak Bulus dipatok Rp 14.000 dirasa Bestari masih terlalu mahal.

Bahkan ia khawatir kereta MRT Jakarta ini nantinya hanya dinikmati oleh kalangan atas saja, sebab terlalu mahal untuk masyarakat kelas bawah.

Hal tersebut disampaikan Bestari dengan perhitungan pengguna roda dua (motor) tentu lebih hemat jika mengeluarkan biaya satu liter bensin untuk pergi dan pulang ke kantor dibanding harus mengeluarkan Rp 28.000 untuk pulang pergi.

Berikut daftar lengkap tarif MRT Jakarta antar stasiun:

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved