Merusak Pemandangan, Utilitas Kabel Semrawut di Kemang Dipotong

Kabel-kabel tersebut sebenarnya sudah tidak dipakai karena operator sebelumnya telah memindahkan ke mainhole, namun operator enggan merapikan kabel

Merusak Pemandangan, Utilitas Kabel Semrawut di Kemang Dipotong
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Sejumlah petugas melakukan pemotongan utilitas kabel di sepanjang Jalan Kemang Raya, Kecamatan Mampang Prapatan dan Jalan Wijaya Kusuma di Kecamatan Cilandak pada Rabu (27/3/2019). 

Pemerintah Kota Jakarta Selatan melakukan pemotongan utilitas kabel di sepanjang Jalan Kemang Raya, Kecamatan Mampang Prapatan dan Jalan Wijaya Kusuma di Kecamatan Cilandak pada Rabu (27/3/2019).

Keberadaan kabel-kabel itu selama ini dikeluhkan oleh masyarakat karena merusak pemandangan.

Di Kemang, petugas melakukan penyisiran mulai dari simpang Kemang Utara depan Pizza Hut mengarah ke Selatan Jalan Kemang Raya.

"Yang kita potong kabel fiber optik milik operator pemilik jaringan utilitas," ujar Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Selatan, Sayyid Ali, Rabu (27/3/2019).

Sebelum dilakukan penertiban, Pemkot melalui Suku Dinas Bina Marga sudah melakukan koordinasi dengan pemilik kabel utilitas.

Kabel-kabel tersebut sebenarnya sudah tidak dipakai karena operator sebelumnya telah memindahkan ke mainhole, namun operator enggan merapikan kabel yang sudah tak terpakai itu.

Sayyid menambahkan, penertiban ini merupakan Instruksi Gubernur (Ingub) No 126 Tahun 2018 tentang Penertiban dan Penataan Jaringan Utilitas. Ini juga dilakukan untuk merespon keluhan masyarakat yang banyak kabel optic berantakan.

"Peringatan sudah kami sampaikan ke operator tapi mereka belum juga merapikan. Maka, kami yang melakukan penertiban," ungkapnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved