Kesehatan

Ini Saran untuk Atasi Defisit BPJS Kesehatan

Pemanfaatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan banyak dinikmati masyarakat banyak. Termasuk artis Ria Irawan yang didera kanker kelen

Ini Saran untuk Atasi Defisit BPJS Kesehatan
Istimewa
Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia dan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia mengadakan bincang-bincang tentang pengelolaan BPJS di Kantor IDI. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

PALMERAH, WARTAKOTALIVE.COM -- Pemanfaatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan banyak dinikmati masyarakat banyak. Termasuk artis Ria Irawan yang didera kanker kelenjar getah bening.

Ria Irawan mengaku tidak mengeluarkan dana sepeserpun untuk pengobatan kankernya.

Padahal bila harus mengeluarkan biaya sendiri, bisa mencapai ratusan juta atau lebih.

Sayangnya pemanfaatan untuk masyarakat tidak berbanding lurus dengan 'kesehatan' keuangan BPJS.

Tahun 2018, BPJS Kesehatan menanggung defisit lebih dari Rp10 triliun.

Kenyataan defisit BPJS Kesehatan ini mendorong Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GP Farmasi), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia menyampaikan urun rembuk.

Direktur Eksekutif GP Farmasi Indonesia, Drs. Dorodjatun Sanusi MBA mengatakan, peluang untuk meningkatkan pelayanan yang komprehensif dan lebih bermutu dengan tanpa meningkatkan beban bagi BPJS Kesehatan dan Pemerintah dapat diwujudkan melalui penerapan Perpres 82/2018 pada skema “Free & Fee”.

“Pada skema ‘Free’, peserta kategori Penerima Bantuan Iuran secara gratis dirancang untuk menerima perawatan dasar (basic treatment) pada kelas Rumah Sakit tertentu serta pemberian obat basic yang sesuai ketentuan.

Ia mengatakan pada skema Fee peserta yang secara mandiri membayarkan tambahan obat akan mendorong baik pada Rumah Sakit maupun Pedagang Besar Farmasi (PBF).

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved