Pencurian Motor

Tiga Pemuda Maling Motor Demi Beli Narkoba, Yamaha Mio Cuma Rp 1,3 Juta

Anggota reskrim dua pekan kemudian kembali memesan sepeda motor bodong. Kali ini, dua unit sepeda motor yang dipesan dan disepakati oleh pelaku.

Tiga Pemuda Maling Motor Demi Beli Narkoba, Yamaha Mio Cuma Rp 1,3 Juta
Warta Kota
Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah melihat barang bukti motor curian 

Tiga anggota komplotan pencuri sepeda motor ditangkap Satuan Reskrim Polsektro Kebayoran Baru. Ketiganya, RH (24), MRD (20) dan MAR (24) kini hanya bisa menyesali perbuatannya di balik jeruji besi.

Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Benny Alamsyah mengungkapkan, penangkapan para pelaku bermula dari adanya informasi transaksi jual beli sepeda motor bodong yang kerap dilakukan salah satu pelaku.

Aksi penyamaran pun dilakukan untuk mengungkap jaringan ini. Anggota reskrim menghubungi salah satu pelaku dan memesan sepeda motor tanpa surat.

VIDEO: Siska Jalani Sidang, Mucikari yang Jajakan Vanessa Angel Merasa Dijebak

"Anggota reskrim kemudian menyamar dan mencoba memesan sepeda motor ke pelaku untuk membuktikan informasi yang kami terima. Dan benar, pelaku merespon. Pada awal Maret dilakukan transaksi untuk sepeda motor Yamaha Mio tanpa surat seharga Rp1,3 juta," kata AKBP Benny saat merilis penangkapan pelaku, Senin (25/3/2019).

Saat itu polisi sengaja tak langsung menangkap pelaku. Anggota reskrim dua pekan kemudian kembali memesan sepeda motor bodong. Kali ini, dua unit sepeda motor yang dipesan dan disepakati oleh pelaku.

Kanit Reskrim Kompol Wahyu Sosiawan memimpin beberapa personil untuk melakukan penyergapan saat transaksi kedua dilakukan.

VIDEO: UNBK di SMKN 27 Jakarta Pusat, Siswa Berkebutuhan Khusus Tidak Diwajibkan Ikut

"Pada hari Sabtu (16/3) malam kami membuat janji dengan pelaku untuk melakukan transaksi. Saat itu ada tiga pelaku dan kami tangkap sekaligus," ujar Kompol Wahyu.

Saat diintrograsi, komplotan ini diotaki oleh RH yang bertugas memetik sepeda motor dengan kunci Y dan dua mata kunci obeng ketok yang dimodifikasi. Sedangkan kedua pelaku lain bertugas mendampingi RH dan membantu menjual sepeda motor curian.

AKBP Benny menambahkan, pelaku sudah puluhan kali melakukan aksinya. Adapun sebagian uang hasil penjualan sepeda motor curian, digunakan untuk membeli narkoba jenis sabu.

VIDEO: Joko Driyono Ditahan Satgas Anti Mafia Bola Terkait Perusakan Barang Bukti Pengaturan Skor

"Para pelaku ini pengangguran dan terindikasi memakai narkoba. Uang hasil penjualan sebagian untuk beli narkotika," jelasnya.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti yakni enam unit sepeda motor matic, kunci model Y, dua buah kunci obeng pipih.

AKBP Benny mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dalam memarkirkan sepeda motornya. "Para pencuri ini beroperasi hampir setiap hari. Maka dari itu masyarakat harus waspada yakni dengan menambah kunci pengaman atau memarkirkan sepeda motornya di tempat yang aman," ungkapnya.

Para pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved