Breaking News:

Ujian Nasional Berbasis Komputer

Psikolog Sebut Ini Kesalahan Orangtua Saat Anaknya Mau Ujian Nasional

"Kalau saya, anak besok mau UN saya ajak nonton film. Karena belajar sudah kemarin-kemaren, kalau UN nya tinggal besok, ya hari ini buat anak senang

Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
SMKN 1 Tangsel di Serpong, Tangeraang Selatan Sempat Terkendala Jaringan, Ujian Nasional Mundur 30 menit pada Senin (25/3/2019). 

Orangtua seringkali 'gemes' dan akhirnya ngomel panjang ketika melihat anaknya dianggap santai menghadapi Ujian Nasional (UN). Padahal ngomelnya orangtua justru membuat anak tertekan dalam menghadapi ujian tersebut.

"Orangtua tidak perlu menambah beban anak. Karena di sekolah anak sudah dapat pengayaan materi, di bimbel (bimbingan belajar, Red).

Sebaiknya orangtua menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk rileks dan istirahat," kata Psikolog anak Vera Itabiliana yang ditemui di acara Hansaplast di Kidzania, Senin (25/3/2019).

Ia menjelaskan, otak akan bekerja maksimal ketika rileks. Kalau tegang informasi yang baru tidak masuk, informasi yang sudah masuk tidak keluar.

VIDEO: Siska Jalani Sidang, Mucikari yang Jajakan Vanessa Angel Merasa Dijebak

Ia menyarankan sebaiknya orangtua menyiapkan tempat belajar yang nyaman buat anak, menyiapkan cemilan, makanan kesukaannya dan sebaiknya bertanya apa yang dibutuhkan dari orangtuanya.

"Kamu butuh apa dari mama atau papa," kata Vera memberikan contoh.

Kesalahan orangtua ketika anak akan UN, justru anak diomelin panjang setiap hari.

Menurut Vera, anak terlihat santai oleh orangtuanya tapi rata-rata mereka sudah tahu tuntutan apa yang harus dilakukan menjelang UN.

VIDEO: Joko Driyono Ditahan Satgas Anti Mafia Bola Terkait Perusakan Barang Bukti Pengaturan Skor

"Anak kelihatan santai tapi dia sudah tahu apa yang harus dilakukan termasuk anak kelas 6 SD. Jadi orangtua tidak perlu menambah beban anak. Di sekolah sudah terbebani jadi orangtua tidak perlu membebani lagi," jelasnya.

Lalu apa yang harus dilakukan H-1 UN? Vera menyarankan agar bikin anak senang saja dan tidak perlu belajar lagi.

VIDEO: Aksi Agus Harimurti Yudhoyono dalam Kampanye Terbuka Partai Demokrat di Ciracas

"Kalau saya, anak besok mau UN saya ajak nonton film. Karena belajar sudah kemarin-kemaren, kalau UN nya tinggal besok, ya hari ini buat anak senang dan rileks," katanya. Bisa dicoba kan? (Lis)

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved