Penyebab Matinya Puluhan Ikan di Aliran Kali Ancol, Petugas Ambil Dua Liter Sampel Air

Kasus puluhan ikan mati di Kali Ancol membuat sampel air di Kali Ancol menjadi bahan untuk diselidiki oleh pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup

Penyebab Matinya Puluhan Ikan di Aliran Kali Ancol, Petugas Ambil Dua Liter Sampel Air
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara meninjau Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (25/3/2019), lantaran ditemukan puluhan ikan mati di Kali Ancol. 

Kasus puluhan ikan mati di Kali Ancol membuat sampel air di Kali Ancol menjadi bahan untuk diselidiki oleh pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Terkait puluhan ikan mati di Kali Ancol, kini petugas mengambil sampel air di aliran Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (25/3/2019).

Diketahui, pengambilan sampel air di Kali Ancol tersebut untuk memastikan penyebab matinya puluhan ikan di aliran Kali Ancol.

Diakui Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dampak Lingkungan Suku Dinas LH Jakarta Utara, Suparman pihaknya kini mengambil sampel sebanyak dua liter air Kali Ancol.

Arief Poyuono Sebut Pendukung Jokowi Pindah Barisan ke Prabowo-Sandi: Ada 30 Persen

Puluhan Ikan Mati di Kali Ancol, Sudin LH Jakarta Utara Duga Kali Ancol Tercemar Limbah Berbahaya

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 1440 H Jatuh pada 6 Mei 2019, Lebaran 5 Juni 2019

Sampel air Kali Ancol tersebut yang disimpan dalam dua botol berbeda.

“Kita hari ini sudah ambil sampel airnya dan akan kita bawa ke Laboratorium Lingkungan Hidup. Kebetulan kami punya lab yang khusus untuk menganalisa air,” katanya.

Suparman menambahkan pihaknya membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mengetahui hasil dari sampel air yang diambil tersebut.

Nantinya diharapkan dengan hasil tersebut bisa ditemukan titik terang mengenai fenomena matinya ikan-ikan itu.

“Jadi nanti hasilnya 10-15 hari kerja. Nanti kalau sudah selesai, baru kita jawab kondisi air yang sebenernya,” ungkap Suparman.

Suparman menambahkan, selama ini pihaknya belum pernah menemukan adanya fenomena ikan yang mati dalam jumlah banyak di kali-kali Jakarta Utara dikarenakan kondisi air.

Namun demikian Suparman mengakui kandungan air kali di DKI Jakarta belum memenuhi standar baku mutu.

“Kalau baku mutu air sendiri secara detail memang belum terpenuhi. Tapi masih dalam batas kewajaran seperti kehidupan ikan-ikan dan sebagainya itu masih bisa dan mereka yang memancing pun rasa ikan masih bisa dinikmati,” ungkap Suparman.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved