Ujian Nasional Berbasis Komputer

Hari Pertama UNBK Siswa SMK Satya Bhakti Mengaku Mengantuk

Pantauan Warta Kota, para siswa yang mengikuti ujian sesi pertama dan kedua sudah datang ke sekolah sejak pukul 06.30 WIB.

Wartakotalive/Rangga Baskoro
Para siswa di SMK Satya Bhakti 2, Matraman mengikuti UNBK, Senin (25/3) 

Siswa kelas XII yang duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hari ini melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Di pelaksanaan hari pertama, banyak siswa yang mengantuk sebelum masuk kelas untuk melaksanakan ujian di SMK Satya Bhakti 2, Matraman, Jakarta Timur, Senin (25/3).

Pantauan Warta Kota, para siswa yang mengikuti ujian sesi pertama dan kedua sudah datang ke sekolah sejak pukul 06.30 WIB.

Setelah bel berbunyi, mereka semua mendapatkan pengarahan dari pihak sekolah.

Banyak siswa yang terlihat mengusap-usap matanya saat berbaris di lapangan.

Mata mereka juga terlihat memerah.

Saat ditanyakan, para siswa mengakui bahwa mereka sulit tidur lantaran tegang menghadapi ujian.

"Kurang tidur, takut soalnya susah," ungkap seorang siswa bernama Fahrani di lokasi.

Ia mengatakan meski pihak sekolah sudah memberikan pembekalan sejak awal masuk sekolah, namun ketegangan sulit diatasinya.

"Sudah belajar sih, cuma ya yang namanya ujian terakhir. Pasti tegang. Takut kalau jaringannya terganggu, takut kalau mati lampu," ungkapnya.

Siswa lain bernama Riandari yang mengikuti ujian di sesi kedua sudah datang ke sekolah sebelum pukul 07.00 WIB. Padahal ujian sesi 2 baru dimulai pukul 10.00 WIB.

"Dari sekolah meminta murid untuk tetal datang pagi-pagi. Katanya biar bisa belajar di sekolah dan biar enggak tegang. Beruntung juga dapat sesi 2, jadi enggak panik," ucap Riandari.

Hari ini, siswa SMK di Jakarta menghadapi ujian Bahasa Indonesia. Terdapat beberapa sekolah yang melakukan ujian hingga 3 sesi. Sementara itu, ujian di SMK Satya Bhakti hanya dilakukan sebanyak 2 sesi lantaran ketersediaan komputer mencukupi jumlah siswa kelas XII.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved