Transportasi Jakarta

MRT Jakarta Diresmikan, Jokowi Sebut Sebuah Budaya Baru

Presiden Joko Widodo menilai kehadiran MRT menjadi awal peradaban baru bagi transportasi bangsa Indonesia.

MRT Jakarta Diresmikan, Jokowi Sebut Sebuah Budaya Baru
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Stasiun Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (24/3/2019). 

TANAH ABANG, WARTAKOTALIVE.COM -- Telah diresmikannya kereta cepat Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) dinilai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi awal peradaban baru bagi transportasi bangsa Indonesia.

MRT pun dinilainya menjadi budaya baru masyarakat Ibu Kota.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi usai meresmikan MRT fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Stasiun MRT Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu (24/3/2019) pagi.

"Hari ini sebuah peradaban baru dengan dimulai dioperasikannya MRT fase pertama. Siapa yang sudah coba MRT tunjuk jari? Tunjuk jari siapa yang udah coba. Yang belum coba, besok coba. Mumpung masih gratis. Karena nanti sebulan lagi mbayar," ungkap Jokowi.

"Ini adalah sebuah budaya baru, karena merupakan yang pertama di negara Indonesia," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya mengingat kepada masyarakat untuk menjaga MRT bersama.

Jokowi menyebutkan dua pesan utama, yakni menjaga kebersihan dan tertib dalam menggunakan MRT.

"Apa yg ingin saya titipan? pertama, jangan buang sampah di MRT, stasiun-stasiun MRT kita jaga agar MRT dan stasiun-stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?," tanya Jokowi dibalas warga.

"Kalau mau naik MRT ngantri. Jangan berdesakan kayak seperti ini. Ngantri dan disiplin waktunya. Jangan sampai pintu mau tutup, baru mau masuk, kejepet nanti. Jaga agar tetap bersih stasiun dan MRT tidak kotor, jangan buang sampah sembarangan. Budaya antri dan displin waktu," tambahnya.

Pesan tersebut katanya akan terus disampaikan Jokowi agar MRT Jakarta dapat terus dimanfaatkan masyarakat.

Sebab, pembangunan MRT katanya tidak berhenti pada fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia, tetapi akan dilanjutkan pada fase 2 Bundaran HI-Kampung Bandan.

"Ini akan terus saya sampaikan agar MRT bisa kita pakai. Ini fase pertama, hari ini juga kita canangkan fase kedua ke utara. Tahun ini tadi saya perintahkan juga untuk memulai yang rute timur Barat, east west mulai tahun ini. Setuju ndak? Yang setuju tunjuk jari," ungkap Jokowi.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan dan sekaligus MRT fase kedua hari ini juga kita mulai lagi. Dan kita harapkan di akhir tahun ini insya Allah juga LRT kita akan terhubung utamanya Depok Bekasi menuju Jakarta. Siapa yang setuju LRT juga diselesaikan?," tambah Jokowi.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved