Warga Harapan Jaya Ini Laporkan KPU Bekasi ke Bawaslu Terkait Mobil Bak Terbuka Bawa Logistik Pemilu

"Bukan kami saja yang melihat, tapi ada beberapa orang yang menyaksikan peristiwa itu," imbuhnya.

Warga Harapan Jaya Ini Laporkan KPU Bekasi ke Bawaslu Terkait Mobil Bak Terbuka Bawa Logistik Pemilu
Warta Kota
Warga Kota Bekasi, Amsar (36) menyerahkan laporan dugaan pelanggaraan yang dilakukan KPU Kota Bekasi ke Staf Penindakan Bawaslu Kota Bekasi, Dadan Ramlan (kanan) pada Jumat (22/3). KPU Kota Bekasi dilaporkan karena mendistribusikan surat suara menggunakan truk terbuka, sehingga mengabaikan faktor keamanan dokumen negara. 

Warga Kota Bekasi melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi ke Badan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi pada Jumat (22/3).

Mereka melapor atas kelalaian KPU Kota Bekasi dalam mendistribusikan surat suara Pemilihan Legislatif Jawa Barat menggunakan truk terbuka pada Selasa (19/3) lalu.

"Kami mendatangi Bawaslu Kota Bekasi untuk melapor adanya dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan penyelenggara, dalam hal ini KPU Kota Bekasi terkait distribusi surat suara yang menurut kami tidak sesuai dengan prosedur yang semestinya," kata Amsar (36), warga Kampung Sawah PLN RT 05/01, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi kepada wartawan pada Jumat (22/3).

Menurut dia, mekanisme pendistribusian surat suara menggunakan truk terbuka merupakan suatu kecerobohan. Bahkan, kata dia, diduga KPU mengabaikan faktor keamanan dalam mendistribusikan dokumen negara tersebut.

"Ini jelas kelalaian karena mengirim surat suara Pemilu menggunakan truk terbuka tanpa ditutupi terpal. Bahkan seharusnya menggunakan mobil boks," ujar dia.

VIDEO: Menhub Budi Karya Sumadi Sebut Hari Senin Depan Sudah Ada Tarif Ojol

Amsar menilai KPU juga tidak menjalin koordinasi dengan kepolisian untuk mengawal surat suara itu. Sebagai dokumen negara yang penggunaannya terjadwal, seharusnya surat suara mendapat pengawalan dari aparat kepolisian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Bukan kami saja yang melihat, tapi ada beberapa orang yang menyaksikan peristiwa itu," imbuhnya.

VIDEO: RANS Music Hadir Kembalikan Musik 90-an

Sebagai calon pemilih dalam ajang Pemilu, ujar dia, merupakan hal yang wajar bila dirinya melaporkan hal ini ke instansi terkait. Seharusnya, kata dia, KPU bekerja secara maksimal sehingga masyarakat percaya bahwa penyelenggaraan Pemilu berjalan dengan baik.

"Dalam laporan yang kami buat, kami melampirkan sejumlah dokumen pendukung seperti rekaman video dan foto pendistribusian surat suara itu dari GOR Bekasi ke gudang logistik KPU," jelasnya.

VIDEO: Pemasangan Pipa Air Bersih di Muara Baru dan Sejumlah Lokasi Lain di Jakarta Utara

Selain sudah melaporkan ke Bawaslu, pihaknya berencana akan mengadukan KPU Kota Bekasi ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) terkait dugaan pelanggaran etik karena kelalaian dalam prosedur distribusi surat suara tersebut.

"Saya melaporkan kasus ini bukan karena kepentingan partai manapun, tapi murni atas dorongan sendiri sebagai masyarakat Kota Bekasi," kata dia. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved