Breaking News:

Kualifikasi Euro 2020

Ini Cara Pelatih Allan Russell Hidupkan Insting Striker Timnas Inggris

Allan Russel memberi latihan-latihan tertentu yang membuat para striker menguasai keterampilan mencetak gol.

Sky Sport
Pelatih striker Timnas Inggris Allan Russel 

KEBERHASILAN Timnas Inggris mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan Liga Negara Eropa (UNL) 2018-2019, tak lepas dari kekuatan lini depan pasukan Three Lions.

Inggris diperkuat oleh penyerang-penyerang yang tak cuma mampu menciptakan peluang, tapi juga haus mencetak gol.

Striker utama Inggris, Harry Kane, tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia tahun lalu. Pemain Tottenham Hotspur itu membukukan enam gol di Rusia.

Di ajang UNL, Kane hanya mencetak satu gol. Tapi, Inggris masih punya striker-striker buas lainnya, Raheem Sterling dan Marcus Rashford, yang masing-masing mengoleksi dua gol di turnamen baru UEFA itu.

Apa kunci keberhasilan para penyerang Timnas Inggris itu. Selain kualitas para pemain lini depan yang dimiliki Inggris, hal itu juga tak lepas dari campur tangan pelatih striker dalam skuad Tiga Singa, Allan Russel.

Mantan penyerang dan gelandang Kilmarnock itu punya cara tersendiri dalam melatih para striker Timnas Inggris.

"Sangat penting bagi seorang striker untuk bisa mencetak gol dalam setiap laga. Tak ada tim yang menang jika strikernya tak mencetak gol," ujar Russell seperti dilansir Sports Mail.

Indonesia Lolos ke Semifinal usai Taklukkan Singapura

Untuk itulah, pria asal Skotlandia berusia 38 tahun itu memberi latihan-latihan tertentu yang membuat para striker menguasai keterampilan mencetak gol.

Salah satu latihan penting yang diberikan Russell kepada Kane, Sterling, Rashford, dan juga Jadon Sancho adalah bagaimana menguasai bola yang datang kepada seorang striker sebelum melepaskan tembakan mematikan ke gawang lawan.

"Anda cuma punya satu kesempatan untuk menguasai bola, lalu membiarkannya berada di bawah kakimu sebelum menendangnya ke arah gawang. Striker harus menguasai teknik ini dengan baik untuk bisa mencetak gol. Latihan ini terlihat sederhana, tapi pemain butuh waktu untuk benar-benar menguasainya hingga menjadi satu gerakan intuitif di depan gawang," ujarnya.

Berita Ini Juga Dimuat di KORAN SUPER BALL, Jumat (22/3/2019)

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved