YLKI Ungkap Penyelundupan Iklan Rokok di Kabin KRL Commuter Line

Walau iklan tidak memaparkan secara nyata produk rokok kepada masyarakat, tetapi iklan mengandung unsur berupa merek rokok.

YLKI Ungkap Penyelundupan Iklan Rokok di Kabin KRL Commuter Line
Warta Kota/Istimewa
One Pride Indonesian Mixed Martial Arts yang disponsori iklan rokok tersebut adalah tayangan yang mengandung unsur kekerasan. 

Walau telah dilarang, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) dinilai Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) kembali melakukan pelanggaran terkait promosi atau iklan rokok di area stasiun.

Hal tersebut ditunjukkan Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi lewat aduan masyarakat yang menemukan adanya iklan rokok di dalam kabin kereta KRL Commuter Line pada Kamis (21/3/2019).

Walau iklan tidak memaparkan secara nyata produk rokok kepada masyarakat, tetapi iklan mengandung unsur berupa merek rokok.

Unsur tersebut berupa tulisan 'PRO' bertajuk Never Quit yang juga menjadi tagline sebuah program acara tarung yang ditayangkan oleh TV One.

"Tampaknya, manajemen PT KAI belum bosan bermain mata dengan industri rokok, dengan menyelundupkan iklan atau promosi rokok dalam melayani konsumennya," jelasnya dihubungi pada Kamis (21/3/2019).

Iklan tersebut katanya secara langsung melanggar Pasal 49-52 Undang-Undang (UU) tentang Kesehatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Produk Tembakau sebagai Zat Adiktif.

Peraturan tersebut melarang adanya iklan atau promosi rokok pada sarana dan prasarana transportasi umum yang ditetapkan sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Terkait hal tersebut, YLKI meminta dengan manajemen PT KCI, sebagai operator Commuter Line segera mencopot iklan rokok di area kabin kereta.

Selain itu, tayangan One Pride Indonesian Mixed Martial Arts yang disponsori iklan rokok tersebut adalah tayangan yang mengandung unsur kekerasan, sehingga menurutnya tidak layak diiklankan di area publik seperti KRL yang dapat dilihat oleh anak-anak.

"Managemen PT KAI/PT KCI, jangan lagi bermain mata dengan industri rokok, karena toh revenue (pendapatan) korporasinya sudah sangat cukup," jelasnya. 

One Pride Indonesian Mixed Martial Arts yang disponsori iklan rokok tersebut adalah tayangan yang mengandung unsur kekerasan.
One Pride Indonesian Mixed Martial Arts yang disponsori iklan rokok tersebut adalah tayangan yang mengandung unsur kekerasan. (Warta Kota/Istimewa)
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved