Wali dan Wakil Wali Kota Bekasi Beda Pandangan tentang Jumlah Pengangguran Bekasi

Wali Kota Bekasi menyebut pengangguran di daerah berjuluk Kota Patriot itu mencapai enam persen dari jumlah penduduk 2,6 juta jiwa.

Wali dan Wakil Wali Kota Bekasi Beda Pandangan tentang Jumlah Pengangguran Bekasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi. Suasana di Pasar Baru Kota Bekasi. Banyak yang menekuni PKL setelah kesulitan mencari pekerjaan. 

Wali Kota Bekasi dengan Wakil Wali Kota Bekasi berbeda pandangan tentang jumlah pengangguran di wilayah setempat.

Wali Kota Bekasi menyebut pengangguran di kota berjuluk Kota Patriot itu mencapai enam persen dari jumlah penduduk 2,6 juta jiwa.

Sementara Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono pada Desember 2018 lalu menyatakan, bahwa jumlah pengangguran di wilayah setempat mencapai sembilan persen dari jumlah penduduk atau tiga persen lebih besar dari yang diutarakan Wali Kota Bekasi.

Angka ini diklaim berdasarkan pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) yang diterimanya.

"Enam persen, bukannya enam persen? Kamu nambah-nambahin saja, yah sudah kompromi saja enam persen," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi berkelakar kepada wartawan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK), Kelurahan Kayuringin, Kecamatan Bekasi Selatan, Senin (18/3/2019) siang.

Meski berbeda pandangan, namun Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen dalam menanggulangi persoalan itu.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Tenaga Kerja dalam meningkatkan peningkatan kapasitas sertifikasi sebanyak 3.500 peserta.

Namun kata dia, jumlah ini tidak akan cukup dengan target yang dipatok untuk menyasar 150.000 pengangguran di wilayah setempat selama lima tahun.

"Makanya saya berpikir lebih baik kita kerjasama dengan ini (BBPLK), kita bangun dua blok lagi seluas dua hektar di Mustikajaya, Kota Bekasi," ujar Rahmat.

Menurut dia, gedung BBPLK yang ada saat ini kurang representatif untuk mengakomodir kebutuhan para pencari kerja dalam meningkatkan ketrampilannya.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved