Transportasi Umum

Gubernur DKI Anies Baswedan Enggan Minta Subsidi MRT ke Pemerintah Pusat

Gubernur DKI Anies Baswedan Enggan Minta Subsidi MRT ke Pemerintah Pusat

Gubernur DKI Anies Baswedan Enggan Minta Subsidi MRT ke Pemerintah Pusat
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo mengajak para menteri dan pimpinan daerah mencoba MRT dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus di Jakarta, Selasa (19/3/2019). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan meminta subsidi dari Pemerintah pusat untuk mengurangi beban tarif Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Menurutnya subsidi tersebut memang seharusnya ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta meskipun tidak semua pengguna Kereta MRT Jakarta adalah warga Ibu Kota.

"Yang naik warga DKI atau bukan, karena yang kemacetan di wilayah DKI, maka ongkosnya ditanggung oleh masyarakat DKI," ungkap Anies, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Anies mengatakan seluruh aspek yang ada dalam sistem transportasi tersebut sudah menjadi sebuah kesatuan yang terintegrasi satu sama lain.

"Saya katakan kata kuncinya integrasi dan Pak Presiden menyetujui. Lalu Pak Presiden katakan kita jalankan integrasi itu, setuju. Dengan begitu nanti ketika kita bicara subsidi, tidak terlalu khawatir lagi soal naiknya apa, subsidi nya berapa. Karena subsidi itu sudah menjadi satu kesatuan," kata Anies.

Ia berencana akan mengintegrasikan seluruh moda transportasi yang ada di Ibu kota demi mengurangi kemacetan akibat banyaknya kendaraan pribadi.

"Saya sampaikan ke Pak Presiden, Jakarta membutuhkan integrasi antar moda. Supaya pengguna kendaraan umum itu bisa naik dari mana saja ke mana saja tersambungkan. Itu artinya rutenya nyambung, tiketnya juga nyambung, manajemennya juga nyambung," tutur Anies.

Terlebih infrastruktur yang dibangun dengan bantuan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) kini bisa mengangkut penumpang dari berbagai wilayah ke wilayah lain setiap harinya.

"Sekarang Transjakarta membawa penumpang dari Bekasi, dari Depok, dari Tangerang bisa, dan itu juga yang nanti akan terjadi. Lewat pembangunan infrastruktur transportasi itu, dibangunnya bukan hanya di wilayah Jakarta tapi karena ini satu kesatuan maka pemberian subsidi nya kepada seluruh. Nanti insya Allah kita akan kerjakan cepat," ungkapnya.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved