Banyak WNA Nigeria di Jakarta Barat Terjaring Pelanggaran Izin Tinggal

Lumaksono mengatakan banyak warga negara asing (WNA) khususnya asal Nigeria melakukan pelanggaran izin tinggal.

Banyak WNA Nigeria di Jakarta Barat Terjaring Pelanggaran Izin Tinggal
Istimewa
Enam warga Nigeria yang dideportasi dari Indonesia ke negara asalnya karena menggunakan paspor palsu dan menyalahi izin tinggal. 

TAMAN SARI, WARTAKOTALIVE.COM -- K‎epala Kantor ‎Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, Lumaksono mengatakan banyak warga negara asing (WNA) khususnya asal Nigeria melakukan pelanggaran izin tinggal.

Hal itu, ia ungkapkan berdasarkan hasil razia ‎sepanjang November 2018 hingga Maret 2019, dimana ada 21 WNA terjaring, dan 3 WNA Nigeria di proses hukum terkait pelanggaran izin tinggal.

"Mayoritas adalah warga negara Nigeria, karena banyak warga Nigeria bisnis pakaian disini, ambil barang dari Tanah Abang untuk dijual ke luar negeri dan mereka over stay atau lalai dalam pengurusan izin tinggal," kata Lumaksono, Rabu (20/3/2019).

Mayoritas para WNA yang terjaring razia menetap disebuah apartemen di kawasan Jakarta Barat. Mereka tinggal di Apartemen karena letaknya strategis untuk berbisnis pakaian yang mereka kirim ke negara asal.

Untuk itu pihaknya kedepan juga akan meningkatkan pengawasan WNA di Apartemen dan sekaligus melakukan penyisiran diam-diam ke sejumlah Apartemen di Jakarta Barat.

"‎Mereka d‎ikenakan tindakan hukum pro justitia karena tidak memiliki dokumen perjalanan dan izin tinggal yang sah dan masih berlaku sesuai UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian," kata Lumaksono.

Selain melakukan proses hukum, Imigrasi Jakarta Barat juga telah mendeportasi 13 WNA ke negara asalnya.‎ Diantaranya WNA asal Uzbekistan, Timor Leste, Nigeria, Tiongkok, Korea Selatan, Suriah dan Australia.

Kemudian, ada 5 WNA asal Tiongkok dan Nigeria yang dikirim ke Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjung Pinang.

"Karena Kantor Detensi Imigrasi yang di Jakarta Barat sudah penuh maka kita kirim mereka ke Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjung Pinang," katanya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved