Operasi Tangkap Tangan

Siapa Orang di Kementerian Agama yang Dipengaruhi Romahurmuziy Hingga Ada Suap Jual Beli Jabatan?

Romy merupakan anggota Komisi XI DPR. Itu artinya, dia tidak punya kewenangan dalam proses pengisian jabatan di Kemenag.

Siapa Orang di Kementerian Agama yang Dipengaruhi Romahurmuziy Hingga Ada Suap Jual Beli Jabatan?
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ketua Umumm PPP Romahurmuziy keluar dari Gedung KPK Jakarta memakai rompi tahanan, seusai diperiksa oleh penyidik, Sabtu (16/3/2019). Romahurmuziy ditahan oleh KPK seusai ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan suap seleksi jabatan di Kementerian Agama. 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengidentifikasi pihak-pihak yang dipengaruhi Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy, terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2018-2019.

Namun, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya belum bisa mengungkapkan nama sampai penyidikan terhadap perkara ini benar-benar selesai.

"Tentu sudah kami identifikasi, tapi sampai saat ini tentu belum bisa disampaikan, karena hal itu terkait dengan materi penanganan perkara," katanya di Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Ada Orang Jengkel kepada Ibunya karena Ditinggalkan Sejak Kecil, Begini Nasihat Ustaz Abdul Somad

"Nanti akan kami dalami terlebih dahulu. Dari proses-proses penggeledahan kah, serta mempelajari barang bukti ataupun nanti pemeriksaan saksi-saksi," sambungnya.

Sekadar informasi, Romy merupakan anggota Komisi XI DPR. Itu artinya, dia tidak punya kewenangan dalam proses pengisian jabatan di Kemenag.

Namun, KPK menduga Romy mengatur proses pengisian jabatan untuk Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Somasi TV One, Andi Arief: Saya Tak Melawan Wartawan dan Pers, Ini Urusan Pribadi!

Oleh sebab itu, Romy diduga bekerja sama dengan pihak internal Kemenag untuk mempengaruhi proses pengisian jabatan di Kemenag.

"Perlu dipahami konstruksi kasus ini, ada pihak-pihak yang tidak punya kewenangan sama sekali secara formil, untuk mengatur ataupun untuk melakukan proses seleksi jabatan di Kementerian Agama," jelas Febri Diansyah.

"Namun, pihak tersebut dapat dipengaruhi, yang kami duga itu dihasilkan dari proses kerja sama dengan Kementerian Agama," imbuhnya.

Brenton Tarrant Pecat Pengacara dan akan Bela Diri Sendiri di Pengadilan, Ini yang Ditakutkan Publik

Bisa saja, lanjut Febri Diansyah, pihak ini dari luar Kementerian Agama, termasuk yang menduduki jabatan politik.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved