Warga Berbondong-bondong ke KPU Jakarta Barat Minta Form A5 Buat Pindah TPS Pencoblosan

Sejak pagi hingga siang tadi sejumlah warga silih berganti mendatangi kantor KPUD Kota, Jakarta Barat.

Warga Berbondong-bondong ke KPU Jakarta Barat Minta Form A5 Buat Pindah TPS Pencoblosan
Warta Kota
sejumlah warga nampak mendatangi kantor KPUD Kota Jakarta Barat untuk mengurus formulir A5. 

Jelang batas akhir pengurusan A5 untuk kebutuhan pemilu 2019 mendatang, sejumlah warga meluangkan waktunya untuk mendatangi Kantor KPUD Kota Jakarta Barat, Sabtu (16/3).

Sejak pagi hingga siang tadi sejumlah warga silih berganti mendatangi kantor KPUD Kota, Jakarta Barat.

Beberapa diantara menunggu giliran untuk mengurus formulir A5 di ruang tunggu. Namun ada beberapa yang memilih duduk didepan kantor KPUD Jakarta Barat.

Rata-rata mereka yang pengurus formulir A5 ini untuk menentukan hak pilihnya di pemilu April 2019 mendatang adalah pendatang. Dengan formulir A5 ini mereka bisa menentukan hak pilihnya tanpa harus mencoblos di TPS tempat mereka terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).‎

Ketua P3 Rommy Ditangkap KPK, Prasetio Edi Bilang ini Bukti Jokowi Tidak Tebang Pilih Korupsi

VIDEO: Aksi Sandiaga dan AHY Main Basket Diiringi Sorakan Histeris Penonton

VIDEO: Festival Jajanan Bango Hadirkan 83 Kuliner Lintas Generasi di GBK Senayan

"Kalo saya kan emang dari Sumedang ya, di sini kan emang saya kerja, kalo pun libur pas pencoblosan kan butuh waktu kalo mudik, jadi ya kita urus A5 supaya bisa memilih nanti di Pilpres," kata Yulian (35), Sabtu (16/3/2019).

Meski terjadi lonjakan jumlah pemohon formulir 5 pada hari ini, namun pelayanan tetap dibuka seperti biasanya. Walau terjadi antrian, sejumlah pemohon mengaku tak mempermasalahkan hal itu. Kerena memang sebagai diantara mereka baru memilik waktu untuk mengurus formulir A5.

"Baru sempet ngurus, soalnya kan saya kerja juga. Baru bisa ya waktu libur begini, saya sih juga sudah prediksi pasti rame, tapi ngak masalah sih, namanya hari libur, orang pasti baru punya waktu buat ngurusnya," kata Eko salah satu warga.

Terpisah, Ketua KPUD Kota Jakarta Barat, Cucum Sumardi mengakui dalam beberapa hari terakhir terjadi lonjakan tajam dari para pemilih yang mengurus A5.

"Tiga hari ini memang luar biasa lonjakannya. Dalam sehari bisa diatas 500 warga yang datang kesini, baik itu yang dari luar daerah untuk memilih di Jakarta Barat atau sebaliknya," kata Cucum.

Untuk jumlah pemilih yang datang pada hari ini, Cucum menyebutkan mencapai hampir 1000 orang. Cucum mengatakan untuk mengurus A5 ini pemilih hanya perlu membawa foto kopi KTP, Kartu Keluarga serta bukti bahwa mereka telah terdaftar dalam DPT.

"Untuk hari ini sepertinya karena hari libur sudah lebih 800 warga yang hadir sampai siang tadi, kalau sampai sekarang mungkin sudah hampir 100," katanya.‎

Pengurusan formulir A5 ini akan berakhir pada Minggu (17/3) esok. Nantinya setelah data masuk petugas akan melakukan pengecekan, apabila memang telah terverifikasi barulah kertas A5 dikeluarkan untuk mereka memilih.

"Diharapkan pemilih yang ingin pindah TPS saat Pemilu memanfaatkan kesempatan yang diberikan KPU agar mereka tetap dapat menggunakan hak suaranya," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved