Boeing 737 Max 8

Pilot Indonesia Apresiasi Kemenhub Hentikan Pengoperasian Boeing 737 Max 8

Pilot Indonesia Apresiasi Kemenhub Hentikan Pengoperasian Boeing 737 Max 8

Pilot Indonesia Apresiasi Kemenhub Hentikan Pengoperasian Boeing 737 Max 8
AFP/Jason Redmond via Kompas.com
PESAWAT generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 parkir di tarmac pabrik pesawat Boeing di Renton, Washington, Amerika Serikat, 8 Desember 2015. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui. 

Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mengapresiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan atas langkah dan respons cepatnya.

Keputusan itu adalah menghentikan pengoperasian sementara (temporary grounded) seluruh armada Boeing 737 Max 8 yang ada di Indonesia.

"Hal tersebut merupakan tindakan antisipatif, dalam menyelesaikan proses inspeksi armada Boeing 737 Max 8. Untuk memastikan kebijakan tatalaksana safety dan tindaklanjut pengoperasian armada Boeing 737-800 Max 8 di Indonesia kedepannya," kata Kapten Iwan Setyawan, Ketua IPI, dalam siaran pers yang diterima Warta Kota, Jumat (15/3/2019).

Selain itu, lanjut Iwan, IPI juga menekankan perlunya menghindari spekulasi mengenai apa yang terjadi pada pengoperasian armada Boeing 737 MAX 8.

IPI juga menunggu lebih lanjut hasil investasi lembaga terkait lainnya yang terlibat dalam Badan Investigasi Kecelakaan Ethiopia untuk menyelesaikan temuannya.

Juga mengeluarkan pedoman dan rekomendasi konsekuensial khususnya hal-hal yang terkait dengan pengoperasian armada Boeing 737 MAX 8.

“Kami percaya sinergi seluruh pemangku kepentingan baik operator, regulator, maupun fasilitator lainnya menjadi kunci penting. Yaitu dalam memastikan komitmen seluruh pihak dalam mengawal kualitas standar keselamatan penerbangan yang nasional yang lebih baik lagi," kata Kapten Iwan.

Pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8
Pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8 (Humas Lion Air)
PESAWAT Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018).
PESAWAT Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018). (Dok. Garuda Indonesia)
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved