Pengguna Mobile JKN di Jaksel Sebanyak 106.237 Peserta

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan semakin gencar perkenalkan aplikasi Mobile JKN kepada seluruh peserta JKN-KIS

Pengguna Mobile JKN di Jaksel Sebanyak 106.237 Peserta
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Petugas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan saat menjelaskan penggunaan Mobile JKN kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

DEMI meningkatkan jumlah pengunduh Mobile JKN khususnya di wilayah Jakarta Selatan, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan semakin gencar perkenalkan aplikasi itu kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Beberapa strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi Mobile JKN sebelum jam pelayanan dimulai, dan memaksimalkan fungsi anjungan Mobile JKN.

Sudarto KS selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan mengatakan, aplikasi Mobile JKN memberikan lima kemudahan kepada peserta yakni kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran.

Kemudian soal kemudahan mendapatkan pelayanan di Fasilitas kesehatan (Faskes), dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

“Karena itu, kami terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kemauan peserta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Mobile JKN," ujar Sudarto KS di Kantor BPJS Kesehatan Jakarta Selatan, Pancoran, Selasa (12/3).

Sampai tanggal 31 Desember 2018 pengguna aktif aplikasi Mobile JKN di Jakarta Selatan mencapai 106.237 peserta.

"Target kami di tahun 2019 ini, minimal 90% penduduk Jakarta Selatan telah mengunduh dan memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.” Ujar Sudarto.

Ini Dia Ramalan Zodiak Rabu (13/2): Aquarius Produktif, Sagitarius Dapat Nasihat, Scorpio Sibuk

Di sisi lain, Desfauzi Umar selaku Kepala Bidang Pelayanan Peserta dan Kepatuhan menyampaikan berbagai cara yang dilakukan untuk mewujudkan target tersebut.

“Karena pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB, maka setengah jam sebelum pelayanan dibuka kami menyiapkan beberapa petugas kami untuk mensosialisasikan sekaligus membantu peserta yang sudah datang mengunduh aplikasi Mobile JKN."

"Petugas kami di loket pelayanan akan selalu menginformasikan mengenai aplikasi Mobile JKN setelah selesai pelayanan. Ditambah lagi dengan tersedianya anjungan Mobile JKN, yang dilengkapi dengan koneksi wifi bagi peserta yang ingin mengunduh aplikasi tersebut. Di sisi lain, dalam setiap kesempatan sosialisasi di luar kantor cabang pun petugas kami selalu menginformasikan mengenai aplikasi Mobile JKN,” ujar Desfauzi.

Sediakan Payung dan Mantel, BMKG Prediksi Jabodetabek Turun Hujan

Dengan strategi itu, perlahan tapi pasti minat peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN pun semakin meningkat.

Beberapa diantara peserta tertarik dengan aplikasi itu karena banyaknya kemudahan yang diperoleh, salah satunya Ahmad Farizal.

Kemenhub Mulai Buka Pendaftaran 18.096 Angkutan Motor Gratis untuk Mudik Lebaran

“Saya sangat senang dengan adanya aplikasi Mobile JKN. Beberapa keperluan seperti mengubah faskes dan mengganti alamat dapat diproses cukup lewat handphone saja. Saya juga tidak perlu repot membawa kartu KIS untuk berobat karena sudah ada KIS digital di aplikasi itu,” ujar Ahmad.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved