Bom Sibolga

Istri Terduga Teroris Sibolga yang Meledakkan Diri Lebih Kuat Terpapar Paham ISIS Ketimbang Suaminya

Jenderal bintang satu itu mengatakan, terdengar suara ledakan dari pukul 01.20 WIB sampai jam 01.40 WIB.

Istri Terduga Teroris Sibolga yang Meledakkan Diri Lebih Kuat Terpapar Paham ISIS Ketimbang Suaminya
Antara Sumut/Jason Gultom
Kawasan lokasi penangkapan terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2019). 

MABES Polri mengungkap proses negosiasi pihaknya kepada istri terduga teroris Husain alias Abu Hamzah, agar tak meledakkan diri menggunakan bom di rumahnya di Sibolga, Sumatera Utara.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, negosiasi itu dilakukan sejak penangkapan sang suami pada Selasa (12/3/2019) siang hingga Rabu (13/3/2019) dini hari.

Dedi Prasetyo mengungkapkan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto memimpin negosiasi itu bersama Kapolres, Bupati, dan Dandim setempat, menggunakan pengeras suara masjid.

Kronologi Bom Meledak Tiga Kali di Sibolga, Istri Terduga Teroris Belum Menyerah

"Jadi nego itu dipimpin oleh kapolda sendiri, bersama kapolres, bupati serta dandim. Justru kita menggunakan pengeras suara masjid, takmir masjidnya juga didengar suaranya," ungkap Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

Aparat kepolisian tidak langsung masuk ke kediaman terduga teroris. Alasannya, kata dia, mereka mengutamakan keselamatan jiwa orang yang berada dalam rumah juga petugas.

Jenderal bintang satu itu mengatakan, terdengar suara ledakan dari pukul 01.20 WIB sampai jam 01.40 WIB.

Ini Nama 14 ABK yang Selamat dari Kebakaran KM Riki Baru di Kepulauan Seribu

"Kami belum mendekat ke TKP dulu, karena khawatir ada ledakan susulan. Ternyata benar, selang beberapa menit terjadi susulan ledakan kembali, sehingga terjadi kebakaran di rumah," katanya.

Oleh karena itu, aparat kepolisian memanggil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api, agar tidak meluas karena lokasinya padat penduduk.

"Kalau tidak segera dipadamkan akan terjadi kebakaran yang cukup luas. Api berhasil dipadamkan sekitar jam 04.00 WIB. Pagi baru aparat berhasil mengevakuasi tubuh korban dan siang ini baru bisa diidentifikasi," tutur mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu.

BREAKING NEWS: Istri Terduga Teroris Sibolga Meledakkan Diri Pakai Bom

Dedi Prasetyo mengatakan, Abu Hamzah mengungkap bahwa sang istri lebih militan atau memiliki pemahaman yang lebih keras daripada dirinya.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved