Gubernur Anies Sebut Saham Perusahaan Bir Dijual Karena Alkohol Kerap Memicu Konflik

"Ini bukan soal untung rugi, ini prinsip. Dana itu diletakkan di sebuah industri yang tidak memiliki efek pembangunan, jadi mau didiamkan atau tidak.

Gubernur Anies Sebut Saham Perusahaan Bir Dijual Karena Alkohol Kerap Memicu Konflik
istimewa
Iklan PT Delta Djakarta 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai penjualan saham Bir PT Delta Tbk tak memerlukan kajian seperti yang diminta anggota DPRD.

Menurutnya saham milik Pemda DKI mesti dimanfaatkan untuk membangun barbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan masyarkat.

Pasalnya dividen yang didapat dari keuntungan penjualan minuman beralkohol ini tidak bisa digunakan untuk menggenjot pembangunan di Ibu Kota.

Sedangkan bila seluruh saham itu dijual, diperkirakan Pemprov DKI bisa mengantongi Rp 1,2 Trilun dan bisa digunakan membangun berbagai fasilitas publik.

VIDEO: Dua Kurir Ekstasi Internasional Divonis Seumur Hidup dan Denda Rp 1 Miliar di PN Bekasi

VIDEO: Ratusan Spanduk Caleg dan Partai Dicopot dari Dua Lokasi di Jakarta Utara

VIDEO: Dua Wanita Selundupkan Sabu di Dalam Gorengan Pisang Molen Buat Pacarnya di Penjara

"(Soal kajian) Saya rasa sederhana sekali kok, itu soal uang sebanyak itu mau dipakai buat apa?," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Tak hanya itu, fakor lain yang membuat Anies kukuh ingin menjual saham tersebut karena adanya kasus atau konfilik yang dipicu minuman beralkohol.

"Apalagi ada faktor - fakor itu (Perselisihan yang dipucu minuman keras) kan sudah jelas enggak perlu pakai kajian rumit bahwa (seharusnya) Pemerintah meletakan uang dibadan usaha yang sifatnya membangun," ungkap Anies.

Justru Anies mempertanyakan pembangunan di DKI Jakarta yang berasal dari uang hasil dividen dari saham ini.

Alasan lainnya lebih kepada memanfatkan dana Pemda untuk kegiatan pembangunan sebagaimaa yang diamantkan Undang - undang.

"Ini bukan soal untung rugi, ini prinsip. Dana itu diletakkan di sebuah industri yang tidak memiliki efek pembangunan, jadi mau didiamkan atau tidak. itu saja pilihannya. Jadi tugas pemerintah bukan mencari untung tetapi tugas pemerintah itu melaksanakan Undang- undang," kata Anies. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved