Caleg PAN DPRD DKI Jakarta Ini Jadi Tersangka Pidana Pemilu Karena Kampanye di Musala

“Pada saat itu ada pembagian kalender dan kerudung. Selain itu, kegiatan kampanye tersebut ilegal karena tidak ada pemberitahuan resmi

Caleg PAN DPRD DKI Jakarta Ini Jadi Tersangka Pidana Pemilu Karena Kampanye di Musala
istimewa
caleg PAN 

Caleg DPRD DKI Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN), Nurhasanudin bersama dengan pelaksana kampanye, Syaiful Bachri telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Gakkumdu Polres Metro Jakarta Utara.

Ketua Gakkumdu Bawaslu Jakarta Utara, Benny Sabdo mengatakan penetapan itu dilakukan setelah penyidik menyimpulkan keduanya melakukan kampanye di Musala Qurotul' Ain RT 009/RW 003 Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.

“Pada saat itu ada pembagian kalender dan kerudung. Selain itu, kegiatan kampanye tersebut ilegal karena tidak ada pemberitahuan resmi kepada Polres Metro Jakarta Utara, ditembuskan Bawaslu Jakarta Utara,” katanya, Rabu (13/3).

VIDEO: Dua Kurir Ekstasi Internasional Divonis Seumur Hidup dan Denda Rp 1 Miliar di PN Bekasi

Benny menambahkan kegiatan kampanye itu diduga melanggar Pasal 280 ayat (1) huruf H juncto Pasal 521 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Rencananya penyidik akan menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum.

“Dalam perkara ini, Nurhasanudin dan Syaiful Bachri terancam pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta,” ungkapnya.

VIDEO: Dua Kontrakan di Cibubur Meledak Diduga Akibat Tabung Gas 3 Kilogram Bocor

Sementara itu terkait dugaan tindak pidana pemilu pelibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kampanye caleg DPRD DKI Jakarta Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Yusriah Dzinnun tidak dapat ditingkatkan ke proses penuntutan.

Pembantu di Ciputat Terpaksa Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkannya Karena Malu Dihamili Pacarnya

“Penyidik menilai belum cukup bukti. Namun demikian Jaksa Penuntut Umum dan Bawaslu menilai sudah cukup bukti,” ujar Benny. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved