Berita Video

VIDEO: Penjelasan Lengkap Rumah Sakit Ketergantungan Obat Kenapa Urin Andi Arief Negatif Narkoba

Kalau sudah lewat dari hari itu, hari kelima, keenam, ketujuh. Kemungkinan tidak terdeteksi dan hasilnya negatif," kata Azhar saat konferensi pers.

Beredar hasil pemeriksaan kesehatan Andi Arief usai menjalani pemeriksaan medis di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta, Jumat (8/3) lalu.

Mengomentari hal itu, Direktur Utama RSKO, dr Azhar Jaya SKM Mars mengatakan bahwa kandungan methamphetamine yang terkandung di dalam narkoba berjenis sabu bisa hilang di dalam tubuh hanya dalam waktu beberapa hari saja setelah pemakaian.

"Seperti yang saya sudah sampaikan bahwa untuk methamphetamine, sabu hanya bisa deteksi dalam rapid tes urine hanya satu sampai dua hari setelah dia pemakaian terakhir. Kalau sudah lewat dari hari itu, hari kelima, keenam, ketujuh. Kemungkinan tidak terdeteksi dan hasilnya negatif," kata Azhar saat konferensi pers di RSKO, Senin (11/3).

Saat diamankan pada Minggu (3/3) lalu, Andi Arief langsung dilakukan pemeriksan urine oleh kepolisian. Hasilnya menunjukkan bahwa Andi Arief positif menggunaka narkoba meski polisi tak menemukan barang bukti berupa sabu.

Viral Penjelasan Vlogger Nas Daily Soal Jebakan Utang China, Kemenkeu Jawab Begini

VIDEO: Alasan Sebenarnya Reino Barack Mau Memperistri Syahrini Ternyata Bukan Sekadar Cinta

VIDEO: Update Evakuasi Kereta Anjlok, Pagi Ini Perlintasan Kebon Pedes Sudah Bisa Dilalui

Dalam kasus ini, Azhar berpendapat bahwa rekomendasi medis yang diberikan pihak BNN saat merujuk Andi Arief ke RSKO adalah berdasarkan pemeriksaan tes urine saat ia diamankan. Meski pemeriksaan Andi Arief di RSKO menunjukkan bahwa dirinya negatif.

"Maka yang bisa dijadikan rujukan dalam pembuktian hukum adalah hasil pemeriksaan yang dilakukan pertama kali. Dalam kasus ini kalau tidak salah yang dilakukan pihak Polri atau pun BNN, itu yang jadi rujukan," ungkapnya.

Sebelumnya Andi Arief mendatangi RSKO Jakarta pada Jumat (8/3) lalu. Usai melakukan pemeriksaan medis, ia langsung mengunggah pemeriksaan yang menunjukkan bahwa dirinya bersih dari kandungan narkoba. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved