Supaya Tidak Dibawa Kabur, Peyortir-Lipat Surat Suara Diawasi Ketat Tiga Polwan

Sedikitnya kami tempatkan tiga polwan di sini untuk memeriksa, karena yang bekerja kebanyakan adalah perempuan

Proses sortir-lipat surat suara Pemilu 2019 di Kota Depok akan berlangsung selama 20 hari kedepan atau hingga 30 Maret 2019.

Penjagaan terhadap para penyortir dan pelipat surat suara ini pun dilakukan oleh Polresta Depok.

"Sedikitnya kami tempatkan tiga polwan di sini untuk memeriksa, karena yang bekerja kebanyakan adalah perempuan. Guna memastikan tidak ada petugas yang membawa surat suara keluar," kata Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto, Senin (11/3), kepada Wartakotalive.com..

Didik mengatakan, tiap harinya akan ada sekitar 10 petugas kepolisian yang bertugas mengawal tahapan sortir-lipat di gudang KPU Kota Depok yang berada di Kubik Logistics, Cimanggis.

"Penempatan personel ini untuk menghindari terjadinya permasalahan dengan surat suara, baik dalam bentuk surat suara hilang maupun potensi penyalahgunaan terhadap material surat suara tersebut," ucapnya.

Selain polisi laki-laki, Polresta Depok turut menyiagakan polwan dalam mengamankan gudang KPU dari hal yang tak diinginkan. Kehadiran polwan itu secara khusus bertujuan memeriksa masuk-keluar petugas pelipat suara yang memang mayoritas perempuan ibu rumah tangga.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna, menyampaikan, sebelum masuk ruangan, para pekerja pelipat surat suara harus melewati serangkaian pemeriksaan polisi.

Mereka tidak diizinkan membawa masuk barang terlarang ke tempat pelipatan surat suara.

"Barang-barang seperti tas, gunting, pisau, korek, rokok dan telepon genggam juga tak boleh dibawa masuk," kata Nana ditemui di Gudang KPU, kemarin.

"Untuk tahapan sortir-lipat surat suara, kami melibatkan total 389 orang yang terdiri dari masyarakat umum yang memiliki keahlian," ujar Nana lagi.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved