Wali Kota Jaktim Klaim Wilayah Pasar Rebo Nyaris Bebas DBD

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengklaim wilayah Pasar Rebo, khususnya Kelurahan Kalisari, RW 02 nyaris terbebas dari penyebaran penyakit DBD

Wali Kota Jaktim Klaim Wilayah Pasar Rebo Nyaris Bebas DBD
Warta Kota/Rangga Baskoro
Wali Kota Jakarta Timur M Anwar di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (8/3). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Rangga Baskoro

PASAR REBO, WARTAKOTALIVE.COM -- Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengklaim wilayah Pasar Rebo, khususnya Kelurahan Kalisari, RW 02 nyaris terbebas dari penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu dikatakannya setelah mendapati banyak warganya yang jarang menggunakan bak mandi sehingga tak memberi ruang nyamuk berkembang biak.

"Kalau saya lihat sih, Alhamdulilah wilayah saya hampir dikatakan bisa bersih. Karena mereka sudah jarang pakai bak mandi, rata-rata penampungannya ember dan langsung buang, pakai shower," kata Anwar di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (8/3).

Anwar meminta Lurah Kalisari berkoordinasi dengan Kelurahan Palsi Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, lantaran berbatasan dengan daerah tersebut.

Anwar khawatir nyamuk yang berada di wilayah Kelurahan Palsi Gunung Selatan berpindah lalu menjangkiti warganya di RW 02 Kelurahan Kalisari.

"Karena sebelah itu adalah Depok. Saya perintahkan pak Lurah, RW koordinasi supaya sama-sama melakukan ya sama. Jangan sampai kita bersih nyamuknya pindah dari sana ke sini," ujarnya.

Di Jakarta Timur, Anwar meminta agar warga melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan gerakan 3M plus tiga kali dalam satu pekan guna membasmi nyamuk.

Selain itu, memerintahkan seluruh Camat, Lurah agar mengimbau masing-masing warganya tak menyepelekan penyakit DBD dan menambah korban.

"Komitmen kita, pemerintah Kota seminggu tiga kali PSN. Sampai hari ini dari Januari ada 28 kasus di RW 02, tentunya ini perlu disikapi betul-betul. Pertama kita lakukan PSN," tuturnya.

Sebagai informasi, hingga Senin (4/2/2019) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat 878 kasus DBD, di Jakarta Timur sebanyak 248 kasus, Jakarta Barat sebanyak 233 kasus, Jakarta Utara ada 57 kasus, dan Jakarta Pusat ada 43 kasus. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved