Dividen Kecil Jadi Salah Satu Alasan Anies Baswedan Bersikukuh Lepas Saham PT Delta Djakarta

Salah satu alasan terkuat Anies Baswedan melepas saham minuman beralkohol sebab dividen yang diterima terbilang kecil yakni hanya Rp 38 miliar.

Dividen Kecil Jadi Salah Satu Alasan Anies Baswedan Bersikukuh Lepas Saham PT Delta Djakarta
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kukuh untuk melepas saham Bir PT Delta Djakarta Tbk yang dimiliki Pemprov sebesar 26,25 persen.

Perusahaan itu, sesuai pantauan Warta Kota, berlokasi di Tambun, Kabupaten Bekasi.

Salah satu alasan terkuat Anies Baswedan melepas saham minuman beralkohol sebab dividen (keuntungan) yang diterima terbilang kecil yakni hanya Rp 38 Miliar per tahun.

"Pemerintah bukan cari untung apalagi dividen dari pajak atau saham ini (PT Delta) pertahun itu rata-rata hanya Rp 38 miliar," ujar Anies Baswedan kepada Warta Kota, Jumat (8/3/2019).

Sementara, sesuai catatan Warta Kota, jika dijual, saham ini memberikan masukan untuk Pemprov sebesar Rp 1.2 Triliun di mana angka tersebut baru bisa didapatkan setelah 40 tahun dikelola.

"Sekarang kalau ditutup maka kita dapat uang Rp 1,2 triliun."

"Tapi, jika kita menunggu dari dividen untuk sampe angka itu perlu waktu sampai 40 tahun," ungkap Anies Baswedan, yang dikutip Warta Kota.

Niat Anies Baswedan, hasil dari keuntungan menjual saham Bir itu untuk menyejahterakan masyarakat Ibu Kota.

"Kami memandang dana itu lebih bermanfaat bila digunakan untuk pembangunan sekolah. (Rp 1,2 triliun) bisa membangun lebih dari 100 sekolah, dengan dana yang ada itu bisa dapat 240 bis juga," ucap Anies Baswedan.

Selain itu, menurut Anies Baswedan, saat ini, masih banyak masyarakat yang kekurangan air bersih.

Sehingga, alangkah baiknya uang hasil penjualan saham dipakai untuk menyediakan air bersih.

"Silakan ditanyakan aja para caleg itu, anda mau milih Rp 1,2 Triliun dipakai untuk memajukan dunia peralkoholan, atau mau dipakai untuk memajukan air bersih untuk rakyat? Saya rasa Jakarta lebih butuh air bersih bukan air beralkohol," kata Anies Baswedan.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved