Anies Resmikan Gedung Sekolah dan Kantor Disdik Senilai Rp2 triliun

Sebanyak 95 sekolah dan dua asrama dengan total anggaran Rp 1,82 triliun diresmikan pada Jumat (8/3/2019) dengan peresmian simbolik di sekolah SDN

Anies Resmikan Gedung Sekolah dan Kantor Disdik Senilai Rp2 triliun
Warta Kota/Feryanto Hadi
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat menandatangani peresmian gedung kantor Dinas Pendidikan, Jumat (8/3). 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, meresmikan program rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah serta asrama di Jakarta.

Sebanyak 95 sekolah dan dua asrama dengan total anggaran Rp 1,82 triliun diresmikan pada Jumat (8/3/2019) dengan peresmian simbolik di sekolah SDN Pondok Labu 01/05, Jakarta Selatan.

Usai peresmian, Anies mengungkapkan, Pemprov DKI terus berkomitmen memperbaiki sarana dan prasarana bidang pendidikan demi menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman.

Anies mengatakan, sarana dan prasarana pendidikan/gedung sekolah yang direhab dan menjadi pilot project, dipastikan ramah bagi disabilitas/Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

"Kita meresmikan sekolah yang mengalami rehab besar, meliputi SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan PKBM. InsyaAllah semuanya dirancang setara untuk semua, jadi ramah bagi penyandang disabilitas," terangnya.

Lebih lanjut Anies menambahkan bahwa gedung-gedung sekolah yang menjadi pilot project direhabilitasi total ini juga ramah lingkungan. Sebab gedung-gedung sekolah ini dilengkapi dengan sistem tata udara alami dan panel surya.

"Tumbuhkan kegiatan belajar mengajar dalam arti yang sesungguhnya. Suasana yang menyenangkan bagi siswa, guru dan juga suasana yang menantang. (Munculkan) perasaan belajar dengan target yang tinggi, tapi suasananya menyenangkan," ucapnya.

Dalam peresmian ini, Anies juga melakukan teleconference dengan 6 sekolah percontohan. Anies juga meninjau langsung kantor baru Disdik DKI.

Dalam kesempatan itu, Anies sekaligus meresmikan rehabilitasi kantor Dinas Pendidikan DKI. Biaya rehabilitasi kantor dinas mencapai Rp 231,99 miliar.

Anies berharap kantor baru ini dapat memacu semangat para staf untuk meningkatkan kinerjanya. Dia juga berharap para pegawai dapat melayani guru yang hendak mengurus administrasi.

"Kantor Dinas Pendidikan ini bagus sekali, kita bersyukur. Jika kantornya sudah bagus, maka fasilitas sekolah di Jakarta harus lebih baik dari kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta," ujar Anies.

Sementara Kepala Disdik DKI Jakarta Ratiyono memaparkan, gedung sekolah SDN Pondok Labu 01/05, menjadi salah satu gedung sekolah yang direhabilitasi total dan menjadi pilot project.

"Ada enam gedung sekolah yang direhabilitasi total dan menjadi pilot project yakni SMPN 59 Jakarta Pusat, SDN Lagoa 01/02/05 Jakarta Utara, SDN Cengkareng Barat 07/08 Jakarta Barat, SDN Pondok Labu 01/05 Jakarta Selatan, SDN Susukan 09 Jakarta Timur, dan SDN Pulau Untung Jawa 01 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu," imbuhnya.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Pondok Labu 01 Dedi Suryadi mengatakan, dirinya mengucap syukur atas pembangunan tersebut.

"Setelah dibangun, bangunan ini seperti yang diharapkan dan sudah memenuhi standar nasional pendidikan khususnya yang maksimal. Selain sebagai suatu kebanggaan sendiri, ini juga merupakan suatu tantangan. Maka ke depan, dengan sarana dan prasarana yang memadai ini, kualitas pendidikan akan kita harapkan dapat mencapai standar nasional pendidikan," pungkasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved