Terungkap Tarif LRT dan MRT Belum Terintegrasi Jak Lingko

Alasan besaran subsidi yang akan diberikan kepada MRT dan LRT Jakarta menurutnya bukan masalah utama dalam integrasi tarif.

Terungkap Tarif LRT dan MRT Belum Terintegrasi Jak Lingko
Warta Kota/Rangga Baskoro
Penumpang LRT di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/2). 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan telah menetapkan besaran tarif Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

Namun, tarif tersebut diketahui belum terintegrasi dengan JakLingko.

Belum terintegrasinya tarif MRT yang dipatok sebesar Rp 10.000 dan LRT sebesar Rp 6.000 itu dipertanyakan oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Yuke Yurike. Dirinya menyebut seharusnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat merencanakan integrasi tiket antar moda transportasi tersebut.

Sebab, belum terintegrasinya tarif antara MRT, LRT serta Transjakarta dalam JakLingko dipercaya bakal menyulitkan masyarakat selaku pengguna angkutan Umum.

Padahal, tujuan awal pembangunan moda transportasi tersebut adalah integrasi, bukan hanya fisik semata, tetapi kemudahan bertransaksi.

Selain itu, alasan besaran subsidi yang akan diberikan kepada MRT dan LRT Jakarta menurutnya bukan masalah utama dalam integrasi tarif.

Lantaran merujuk visi dan misi, yakni mengatasi kemacetan lewat peningkatan layanan angkutan umum.

"Saya menyayangkan sikap Pemprov DKI yang baru mengusulkan pembahasan tarif ke DPRD menjelang operasional MRT dan LRT akhir Maret ini. Peningkatan layanan angkutan umum itu bukan masalah besaran tarif atau subsidi saja," ungkapnya dihubungi pada Kamis (7/3/2019).

Tidak hanya soal integrasi tarif, Anggota Calon legislatif Daerah pemilihan 8 DPRD DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun mempertanyakan skema kerjasama dalam biaya operasional MRT dan LRT, yakni skema bangun-serah-guna atau Build Transfer Operate (BTO) atau bangun-guna-serah atau Build Operate Transfer (BOT).

Sebab, kedua skema kerjasama tersebut akan mempengaruhi besaran tarif yang ditetapkan untuk layanan MRT dan LRT.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved