Siswa SMK Vokasi Bogasari Ikuti Program Magang di UKM

Sebanyak enam siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 melakukan magang atau praktik kerja di dua UKM yakni di UKM Evalia Bakery dan UKM

Siswa SMK Vokasi Bogasari Ikuti Program Magang di UKM
ISTIMEWA
Siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 melakukan magang atau praktik kerja di UKM bakery. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

CILINCING, WARTA KOTA -- Sebanyak enam siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 melakukan magang atau praktik kerja di dua UKM yakni di UKM Evalia Bakery dan UKM Sari Utami Bakery, Jakarta Utara.

Praktik kerja akan dilakukan selama dua bulan kedepan. 

Vice President People & Organization Development PT Indofood Tbk Divisi Bogasari, Anwar Agus mengatakan para siswa SMK kelas XI jurusan tata boga itu berasal dari SMKN 33 Jakarta Utara dan SMK Santa Maria, Jakarta Pusat. 

“Dengan terjun langsung di UKM, maka para siswa akan semakin siap terjun di dunia kerja setelah lulus SMK. Bahkan targetnya para siswa SMK ini juga siap menjadi start up milenial,” ucap Anwar, dalam keterangannya, Kamis (7/3). 

Para siswa akan belajar proses pengadaan bahan sampai ke pemasaran. 

Siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 melakukan magang atau praktik kerja di UKM bakery.
Siswa SMK yang mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 melakukan magang atau praktik kerja di UKM bakery. (ISTIMEWA)

Setelah praktik kerja selama 2 bulan mulai bulan Maret, para siswa akan mengikuti kembali vokasi di Bogasari sekaligus untuk evaluasi sekaligus pendalaman. 

“Selama itu (praktik kerja) mereka akan dinilai yang meliputi aspek, Keterampilan/Skill (40%) Kreativitas (20%), Disiplin Kehadiran (10%), Kerja Sama (10%), Kerapian (10%), dan Tata Krama (10%),” papar Anwar.

Program Vokasi Bogasari 2019 merupakan untuk yang pertama kalinya sekaligus sebagai bukti dukungan Bogasari kepada Pemerintah dalam pelaksanaan Program Vokasi yang dicanangkan Kementerian Perindustrian. 

Keenam siswa SMK mengikuti Program Vokasi Bogasari 2019 sejak bulan Januari lalu.

Program diawali orientasi pengenalan proses produksi tepung terigu dari pengadaan bahan baku, proses penggilingan, laboratorium, pengemasan, hingga pengiriman. 

"Tujuannya, untuk mengedukasi para siswa SMK akan alur proses produksi secara menyeluruh dan saling keterkaitan antar rangkaian proses. Sehingga memiliki nilai lebih dibanding para lulusan SMK tata boga lainnya saat mereka terjun ke dunia kerja,” jelas Anwar. 

Setelah orientasi proses produksi, para siswa akan mengikuti kelas in house training di Bogasari Baking Center (BBC) selama 14 hari. 

Pelatihan di BBC mengggunakan metode 80% praktik dan 20% teori. 

“Kami sangat bangga bisa ikut vokasi di BBC. Terutama karena selama ini kami belum pernah sama sekali belajar khusus ilmu pastry di sekolah,” ucap Bryan, siswa SMK Santa Maria dalam evaluasi tahap pertama. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved