Pemilu 2019

KPU Kota Depok Butuh 40.425 Anggota KPPS, yang Minat Bisa Daftar di Sekretariat PPS

KPU Kota Depok membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPU Kota Depok Butuh 40.425 Anggota KPPS, yang Minat Bisa Daftar di Sekretariat PPS
Warta Kota/Gopis Simatupang
Sejumlah personel TNI dari Satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1 Kostrad memeragakan langkah-langkah menghalau massa yang terlibat kericuhan di kantor KPU Kota Depok, Jalan Kartini, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (8/2/2019). 

DEPOK, WARTA KOTA -- Menyambut perhelatan pesta demokrasi yang Pemilu Serentak 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 28 Februari-12 Maret 2019.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna, menyampaikan, untuk menyukseskan Pilpres dan Pileg 2019, pihaknya membutuhkan sebanyak 40.425 orang anggota KPPS yang akan ditempatkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Depok.

"Jumlah anggota KPPS yang dibutuhkan sebanyak 40.425 orang yang akan ditempatkan di 5.775 TPS. Setiap TPS ditempatkan sebanyak tujuh orang anggota KPPS," ujar Nana, belum lama ini.

Bagi masyarakat yang tertarik menjadi anggota KPPS, kata Nana, dapat mendaftar di Kantor Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat dengan menyertakan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat menjadi anggota KPPS antara lain, usia minimal 17 tahun, melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi ijazah yang dilegalisir, surat keterangan sehat dan surat keterangan tidak mengonsumsi narkotika dari Puskesmas atau rumah sakit, dan surat pernyataan tidak menjadi pengurus partai politik.

"Paling penting anggota KPPS harus memiliki integritas yang kuat, jujur dan adil, serta tidak memiliki kaitan dengan paslon (pasangan calon) atau partai tertentu. Kalau yang bersangkutan mantan anggota partai, dia harus sudah mundur paling lambat lima tahun saat mendaftar," bilang Nana.

Nana menerangkan, untuk pemerimaan berkas pendaftaran calon anggota KPPS akan dilaksanakan mulai tanggal 6-12 Maret.

Kemudian, penelitian administrasi kelengkapan persyaratan calon anggota KPPS mulai tanggal 13-19 Maret 2019.

Kemudian, lanjutnya, pengumuman hasil penelitian administrasi kelengkapan persyaratan calon anggota KPPS akan dibeberkan pada tanggal 20-22 Maret.

Setelah itu pihak KPU akan melakukan uji publik calon dengan meminta masukan dan tanggapan dari masyarakat mulai tanggal 21-26 Maret.

"Penetapan calon anggota KPPS akan dilakukan pada 27 Maret dan pelantikan anggota KPPS paling lambat 10 April, dengan masa kerja 30 hari mulai 10 April sampai 9 Mei 2019," tutup Nana. (gps)

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved