Anang Hermansyah Resmi Menarik Usulan RUU Permusikan

Anang Hermansyah resmi menarik usulan Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan dari Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Anang Hermansyah Resmi Menarik Usulan RUU Permusikan
KOMPAS.com/IRA GITA
Anang Hermansyah Saat ditemui usai pertemuan dengan pegiat musik untuk membahas Draft RUU Permusikan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).(KOMPAS.com/IRA GITA) 

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah resmi menarik usulan Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Pertimbangan masukan dan saran atas materi draft RUU Permusikan serta rencana musyawarah besar komunitas musik menjadi alasan penarikan usulan RUU Permusikan tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima wartawan, Kamis (7/3/2019), Anang Hermansyah mengatakan, keputusan penarikan usulan RUU Permusikan sebagai tindaklanjut dari masukan dan tanggapan dari seluruh stakeholder ekosistem musik di Tanah Air.

Anang Hermansyah yang ditemui bersama keluarga Asix, saat pembukaan outlet Asix, di Ruko Braja Mustika, Jalan Semeru Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019).
Anang Hermansyah yang ditemui bersama keluarga Asix, saat pembukaan outlet Asix, di Ruko Braja Mustika, Jalan Semeru Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

"Supaya terjadi kondusifitas di seluruh stakeholder ekosistem musik di Indonesia," kata Anang Hermansyah.

Anang Hermansyah tidak menampik bila RUU Permusikan telah menimbulkan polemik, khususnya di ekosistem musik di Indonesia.

Aspirasi yang masuk, lanjut suami penyanyi Ashanty Siddik Hasnoputro itu, ada yang setuju dengan revisi draft materi RUU Permusikan, ada pula yang menolak seluruh materi RUU Permusikan.

Menjadi Polemik, RUU Permusikan Disepakati untuk Dibatalkan: Ada Tiga Kesepakatan

"Sebagai wakil rakyat yang berasal dari ekosistem musik, wajib hukumnya bagi saya menindaklanjuti aspirasi dari stakeholder. Sama halnya saat mengusulkan RUU Permusikan juga berpijak pada aspirasi dan masukan dari stakeholder. Ini proses konstitusional yang lazim dan biasa saja," jelas ayah empat anak dari dua pernikahannya itu.

Anang Hermansyah berharap, situasi di ekosistem musik kembali kondusif dan dapat berembuk dengan kepala dingin atas persoalan yang muncul di ekosistem musik di Indonesia.

"Persoalan yang terjadi di sektor musik di Indonesia mari kita rembuk dengan baik melalui musyawarah besar ekosistem musik di Indonesia," katanya.

Penulis:
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved