Andi Arief Berpeluang Lolos dari Proses Hukum

Tidak adanya barang bukti narkoba pada politisi Partai Demokrat Andi Arief saat ia diamankan polisi membuka peluang proses hukum tidak dilanjutkan

Andi Arief Berpeluang Lolos dari Proses Hukum
Istimewa
Beredar Foto Wanita Muda yang Dikabarkan Terciduk Bersama Andi Arief, Penjelasan Kadiv Humas Polri. Kolase Andi Arief dan wanita yang diduga bersamanya di hotel konsumsi sabu-sabu, Senin (4/3/2019). 

KEBAYORAN BARU, WARTA KOTA -- Tidak adanya barang bukti narkoba pada politisi Partai Demokrat Andi Arief saat ia diamankan polisi dari kamar Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat, Minggu (3/3/2019) malam, membuka peluang proses hukum atas Andi Arief tidak dilanjutkan atau dengan kata lain, ia lolos dari proses hukum.

Namun Andi mesti menjalani rehabilitasi di lembaga rehabilitasi karena ia terbukti sebagai pengguna narkoba jenis sabu.

Peluang Andi lolos dari proses hukum atau tidak dilanjutkannya proses hukum tindak pidana penyalahgunaan narkoba oleh Andi akan terbuka, jika dalam pemeriksaan selama 3x24 jam atau hingga Rabu (6/3/2019) besok, Andi tidak terbukti turut mengedarkan narkoba.

Setelah 3x24 jam itu juga statusnya akan ditentukan apakah tersangka atau tidak. Meski ditetapkan tersangka, peluang proses hukum dirinya dihentikan tetap terbuka dimana ia mesti menjalani rehabilitasi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan sangat mungkin proses hukum terhadap Andi tidak dilanjutkan dan ia hanya menjalani rehabilitasi serta hanya akan dimintai keterangan soal asal narkoba yang didapatnya.

Pendaftaran UTBK 2019 di Laman Pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id Dibuka, Ini cara daftar yang benar.

Sosok Wanita Cantik Ditangkap Bersama Andi Arief Diduga Seorang Pemandu Karaoke, Ini Kronologisnya

Live Streaming Indosiar Piala Presiden 2019 Grup D, PSS Sleman Vs Madura United Sore Ini

Ini Dia Ramalan Zodiak Selasa (5/2): Capricorn Dapat Kabar Baik, Taurus Penuh dengan Kecemasan

"Sebab ia tertangkap dan terbukti positif menggunakan narkoba sesuai hasil test urine, sedangkan tidak ada barang bukti narkoba padanya," kata Dedi.

Hal itu katanya sesuai surat edaran Kabareskrim dengan nomor SE/01/II/Bareskrim Tahun 2018 yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa rujukan yang menjadi referensi hukum dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Berikut Ramalan Zodiak Minggu Ini 3-9 Maret 2019: Taurus Energik, Aquarius Beruntung

Yakni Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2011 tentang pelaksanaan wajib lapor bagi pecandu narkotika.

Lalu peraturan bersama antara Mahkamah Agung RI, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Jaksa Agung RI, Kepolisian Republik Indonesia, dan BNN yang ditandatangani tahun 2014, tentang penanganan pencandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi.

Saat Ditanya Hasil Tes DNA, Denny Sumargo Menjawab Klarifikasi Apa, Pada Kepo Kayaknya

Kemudian, Surat Edaran Mahkamah Agung nomor 04/BUA.6/HS/SP/IV/2010, tanggal 7 April 2010, tentang penempatan penyalahgunaan dan korban penyalahgunaan serta pencandu narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved