Viral Foto McDonald Diduga Buat Hajatan, Ini Fakta Sebenarnya

"Itu benar terjadi di McCafe daerah Cibinong, Bogor, tapi bukan acara pernikahan," ujar Associate Director of Communication McDonald's

Viral Foto McDonald Diduga Buat Hajatan, Ini Fakta Sebenarnya
twitter
Tenda di halaman MC Donald 

Sebuah foto yang memperlihatkan ada resepsi pernikahan di halaman McCafe milik McDonald's viral, Sabtu (2/3/2019).

Foto ini viral di media sosial Twitter, bahkan disebar ulang lebih dari 25.000 kali dan memperoleh tanggapan beragam dari warganet.

Benarkah tenda itu adalah tenda resepsi pernikahan seperti disebutkan pada foto yang viral? Narasi yang beredar Berdasarkan penelusuran Kompas.com, foto tenda yang terletak di halaman McCafe ini beredar luas di media sosial Twitter pada Sabtu (2/3/2019).

Tenda berwarna putih dan puluhan kursi serta meja terlihat di foto itu dan disebutkan tengah ada hajatan resepsi pernikahan, seperti dituliskan pengunggah, akun @sariboti.

Beberapa warganet juga menduga peristiwa itu terjadi di daerah Cibinong, Bogor. Hingga saat ini, unggahan foto itu telah di-retweet sebanyak 25.180 kali dan telah disukai 14.748 kali pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com Kompas.com mencari tahu informasi yang sebenarnya dengan menghubungi pengunggah foto, @sariboti, yang mengaku telah memotret sendiri foto yang dibagikannya.

Ia mengaku sempat kaget karena baru pertama kali melihat ada tenda di halaman McCafe seperti tengah ada resepsi pernikahan.

Ketua DPRD DKI Prasetio Pertanyakan Salah Perusahaan Produsen Bir, PT Delta Djakarta

VIDEO: Lapangan Promoter Polda Metro Jaya Dipakai Rifat Sungkar Buat Drifting Mobil

VIDEO: Andi Arief Ditangkap Diduga Bersama Seorang Wanita dan Sempat Menolak Tes Urin

"Ini saja aku baru pertama kali lihat ada tenda beginian di McD, ya spontan aku kira ada yang nikahan," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/3/2019).

"Terus aku merhatiin pelanggan yang datang hampir sekitar 45 persen memakai batik atau dress code kondangan," katanya.t Oleh karena itu, si pengunggah menduga adanya resepsi pernikahan yang berlangsung di tempat itu.

"Ada juga yang bilang kayaknya yang memakai tenda ini cuma di daerah Bogor, seperti daerah Ranco, Dramaga, dan Paledang," katanya.

Kompas.com juga menghubungi pihak McDonald's Indonesia terkait kebenaran informasi ini.

Ia mengklarifikasi bahwa tenda yang tampak dalam foto itu bukan karena ada resepsi pernikahan.

"Itu benar terjadi di McCafe daerah Cibinong, Bogor, tapi bukan acara pernikahan," ujar Associate Director of Communication McDonald's Indonesia Sutji Lantyka saat dihubungi Kompas.com pada Senin (4/3/2019). Sutji mengatakan, pihak McDonald's Indonesia biasa menyewa tenda untuk menambah tempat duduk di hari-hari tertentu.

"McD Cibinong itu memang biasa menyewa tenda seperti itu setiap Sabtu dan Minggu untuk menambahkan area tempat duduk bagi pelanggan," ujar Sutji. "Namun, pada Senin pagi tenda sudah dibongkar," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[KLARIFIKASI] Penjelasan McD soal Foto Viral Tenda di Halaman McCafe",
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved