Pemilu 2019

KPU Ogah Turuti Usulan Kubu Prabowo-Sandi Simpan Kotak Suara di Kantor Koramil

Meskipun jika KPU akhirnya menuruti usulan tersebut, katanya, rasa curiga terhadap penyelenggaraan Pemilu tidak akan pernah hilang.

KPU Ogah Turuti Usulan Kubu Prabowo-Sandi Simpan Kotak Suara di Kantor Koramil
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, mencoba menduduki Kotak Suara yang terbuat dari karton tebal kedap air di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman enggan menuruti usulan untuk menyimpan kotak suara Pemilu 2019 di Kantor Komando Rayon Militer (Koramil) setempat, pasca-pencoblosan.

Meskipun jika KPU akhirnya menuruti usulan tersebut, katanya, rasa curiga terhadap penyelenggaraan Pemilu tidak akan pernah hilang.

"Nanti kalau saya simpan di sana ada yang curiga lagi," ujar Arief Budiman di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Setelah Nodai ABG, Kakek Berumur Setengah Abad Selipkan Uang Rp 150 Ribu Lalu Pergi

Lagipula, lanjutnya, lembaga penyelenggara pemilu tersebut sudah punya Peraturan KPU (PKPU), yakni mekanisme yang mengatur proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

KPU akan tetap melaksanakan seluruh tahapan dan proses Pemilu sesuai peraturan yang telah mereka buat sebelumnya.

KPU, tuturnya, tidak akan nengubah atau buat peraturan baru hanya demi memuaskan salah satu pihak.

Pemilu Semakin Dekat, Wakapolri Bilang Keributan di Media Sosial Sudah Bergeser ke Dunia Nyata

"Saya katakan KPU sudah menyusun aturannya, baik untuk Pemilu maupun Pemilukada. Aturan itulah yang akan dijalankan," tegas Arief Budiman.

Usulan penyimpanan kotak suara berisi hasil pencoblosan itu datang dari Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Andre Rosiade.

Dia was-was adanya potensi kecurangan, karena orang di perangkat daerah hingga desa, banyak yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Maruf Amin.

Elektabilitas Jokowi Melorot 8 Persen Gara-gara Fitnah Emak-emak, Kubu 02: Itu Hanya Butiran Debu

Dia menyebut rawan kecurangan, bila kotak suara berbahan kardus itu disimpan di kantor camat yang terang-terangan mendukung paslon petahana.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved