Plt Kadis LH Dukung Aprindo Tarifkan Kantong Kresek

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Djafar Muchlisin mendukung kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis yang diterapkan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia.

Plt Kadis LH Dukung Aprindo Tarifkan Kantong Kresek
ylki
Ilustrasi diet kantong plastik kresek 

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Djafar Muchlisin mendukung kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) yang diterapkan oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Kebijakan KPTG sudah dimulai hari ini 1 Maret 2019, dimana kantong plastik (kresek) dikenakan biaya minimal Rp 200 perlembarnya.

"Iya kebijakan menetapkan tarif dua ratus rupiah itu merupakan satu langkah baik. Kita maunya sih punya banyak langkah terkait masalah ini biar signifikan," ujar Djafar kepada Warta Kota, Jumat (1/3/2019).

Dengan adanya kebijakan seperti ini di ritel-ritel besar, ia berharap bisa merubah sikap khususnya pembeli agar tidak lagi bergantung pada kantong kresek yang sulit didaur ulang.

"Kita sih harapkan ada perubahan sikap, harus ada pergeseran pengetahuan dari teman-teman terkait permasalahan plastik ini," ungkap Djafar.

Bahkan secepatnya ia akan mengumpulkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, untuk mematangkan kebijakan ini.

"Itu akan kita kaji bersama dengan SKPD dekat-dekat ini, kita mau adakan rapat bersama Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup dan Biro Perekonomian," katanya.

Nantinya akan dibahas pro - kontra dimasyarakat karena menurutnya belum tentu semua bisa menerima kebijakan plastik berbayar ini.

"Kalau lihat begini, masyarakat pasti ada beban didalamnya seperti ada sedikit beban tanggung jawab angka (uang) yang harus dikeluarkan. Kita bakal bikin kajian untuk dibahas bersama," kata Djafar.

Diketahui saat ini Peraturan Gubernur (Pergub) Plastik masih digodok oleh Pemprov DKI. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved