Pemkab Bekasi Rencana Perluas TPA Burangkeng 35 Hektare

Dodi Agus Suprianto mengatakan rencana perluasan tersebut dikarenakan sudah tidak lagi mampu menampung sampah dari 23 Kecamatan yang ada.

Pemkab Bekasi Rencana Perluas TPA Burangkeng 35 Hektare
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng Kabupaten Bekasi. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhammad Azzam

BEKASI, WARTA KOTA -- Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana memperluas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng seluas 35 hektare.

Hal itu mengingat sampah di TPA Burangkeng sudah kelebihan kapasitas.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto mengatakan rencana perluasan tersebut dikarenakan sudah tidak lagi mampu menampung sampah dari 23 Kecamatan yang ada.

"Sudah tiga tahun overload tapi hingga sampai saat ini masih berjalan pengoperasiaanya. Kita pakai cara menimbun sampah dan meratakan puncak gundukan sampah di setiap zona TPA Burangkeng secara bergantian," kata Dodi saat dikonfirmasi, Jumat (1/3/2019).

Namun, kata Dodi, tata ruang yang terkunci membuat sulit untuk dilakukan perluasan lahan.

"Kita si maunya TPA Burangkeng diperluas tetap di lokasi itu. Tapi ya itu kendalanya soal tata ruang akibat terbentur rencana detail tata ruang (RDTR) di wilayah setempat. Oleh karenanya kemungkinan kita cari lahan baru. Tapi masih menunggu kajian instansi terkait, yakni Bappeda dan Bidang Tata Ruang," terangnya.

Dodi mengatakan luas TPA Burangkeng saat ini baru sekitar 11,6 hektar terbagi empat zona yaitu zona A, B, C, dan D. Ketinggian masing-masing zona mulai dari 15 meter sampai dengan 20 meter.

TPA Burangkeng setiap harinya menerima 800 ton sampah. Namun, jumlah itu belum sepenuhnya seluruh sampah di Kabupaten Bekasi terakut. Hal itu dikarenakan minimnya aramda truk sampah yang dimilikinya.

"Kalau total produksi sampah warga Kabupaten Bekasi bisa 1.500 ton sehari. Tapi tidak maksimal kita angkut, kita kan hanya punya 102 truk sampah," katanya.

Untuk itu, instansinya tahun ini akan menambah armada truk sebanyak 30 unit.

"Kita sesuaikan dengan anggaran yang ada. Idealnya agar semua sampah bisa terangkut 400 unit truk, tahun ini baru ada penambahan sekitar 30," tandas Dodi. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved