Gara-gara Tahi Lalat, Aktor Terlaris Indonesia Ini Dipanggil Rano Karno KW Super

Gara-gara tahi lalat, Ence Bagus sampai dipanggil sebagai Rano Karno KW Super. Di film 'Dilan 1991', Ence Bagus memainkan peran sebagai guru.

Penulis: | Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Dokumentasi Max Pictures
Salah satu adegan Ence Bagus saat memainkan peran sebagai Deddy Try Mulyana, guru bahasa Indonesia, di Dilan 1991. 

Dari kejauhan, Deddy Try Mulyana terus memandangi wajah cantik Milea. Saat itu sedang digelar pekan olahraga dan seni (porseni) di sekolah.

Di perlombaan paduan suara antarkelas, Deddy Try Mulyana menjadi salah juri, sementara Milea adalah panitia. Sambil menilai peserta lomba, Deddy Try Mulyana melirik Milea.

Ence Bagus ketika beradu akting bersama Vanesha Prescilla di film Dilan 1991.
Ence Bagus ketika beradu akting bersama Vanesha Prescilla di film Dilan 1991. (Dokumentasi Max Pictures)

Hati guru bahasa Indonesia itu meleleh setiap berada didekat Milea. Ia jatuh cinta pada kekasih Dilan itu.

Di akhir perlombaan, Deddy Try Mulyana bahkan rela membantu Milea membereskan bangku dan kursi. Ia semakin menunjukkan kekagumannya pada Milea.

Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan berpose bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disela syuting Dilan 1991.
Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan berpose bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disela syuting Dilan 1991. (Instagram @filmdilan.ofc)

Lewat gestur dan dialog-dialog singkatnya, aktor Ence Bagus (38) mampu mengundang tawa penonton film Dilan 1991.

Film sebelumnya, Dilan 1990, ditonton lebih dari 6 juta orang saat diputar bioskop di awal 2018.

Para bintang film Dilan 1991: Muhammad Farhan, Vanesha Prescilla, Iqbaal Ramadhan dan Happy Salma
Para bintang film Dilan 1991: Muhammad Farhan, Vanesha Prescilla, Iqbaal Ramadhan dan Happy Salma (Instagram @filmdilan.ofc)

Ence Bagus dipercaya sutradara Fajar Bustomi untuk memainkan karakter Deddy Try Mulyana di Dilan 1991. Meski adegan di film tidak banyak, akting Ence Bagus mampu 'menghidupkan' film.

Tidak hanya kerap mencuri pandang ke Milea, Deddy juga menunjukkan rasa sukanya lewat coretan puisi. Ia menulis puisi khusus untuk Milea.

Disebut Sebagai Aktor Paling Laris, Ence Bagus Sebut Biasa-biasa Saja

Hari Pertama Tayang, Jaringan Bioskop XXI Beri 791 Layar Untuk Dilan 1991

Awas Jangan Baper, Hari Ini Dilan 1991 Mulai Tayang di Bioskop

Milea, seperti di Dilan 1990, tetap dimainkan Vanesha Prescilla (19). Begitu juga sosok Dilan yang juga masih diperankan Iqbaal Ramadhan (19).

"Apapun perannya, saya selalu berusaha berakting sebaik dan sesempurna mungkin," kata Ence Bagus saat berbincang disela perayaan Hari Dilan (Dilan Day) di Bandung, Jawa Barat.

Dilan (Iqbaal Ramadhan) disela syuting bersama Milea (Vanesha Prescilla).
Dilan (Iqbaal Ramadhan) disela syuting bersama Milea (Vanesha Prescilla). (Instagram @filmdilan.ofc)

Menariknya, skenario Dilan 1991 yang disodorkan penulis Titien Wattimena itu sering dikembangkan oleh Ence Bagus saat beraksi didepan kamera film.

"Improvisasi setiap syuting pasti ada. Dan, selalu saya diskusikan dengan sutradara, termasuk ketika Pak Deddy 'menggodai' Milea, dialognya hasil improvisasi saya," jelas Ence Bagus yang juga aktor teater ini.

Salah satu adegan yang dianggapnya menarik adalah saat Deddy Try Mulyana memberikan surat ke Milea. Surat itu berisi tulisan puisi rayuan untuk Milea.

Salah satu bagian syuting romantis ketika Dilan (Iqbaal Ramadhan) memboncengkan Milea (Vanesha Prescilla) diatas motor Honda CB 100.
Salah satu bagian syuting romantis ketika Dilan (Iqbaal Ramadhan) memboncengkan Milea (Vanesha Prescilla) diatas motor Honda CB 100. (Instagram @filmdilan.ofc)

Menurut Milea, puisi tulisan Dilan lebih menarik dan kekinian daripada puisi gurunya tersebut.

Tanpa sepengetahuan Deddy, kertas puisi itu justru hanya jadi alas gorengan di kantin sekolah.

"Gara-gara peran Pak Deddy itu, saya sampai disebut Rano Karno. Saya sama anak-anak itu (Vanesha Prescilla, Iqbaal Ramadhan dan teman-temannya), dipanggil Rano Karno KW," jelas Ence Bagus tertawa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (24/2/2019).
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (24/2/2019). (Dokumentasi Kementerian Pariwisata RI)

Julukan Rano Karno KW super disematkan Vanesha Prescilla dkk karena Ence Bagus mendadak punya inisiatif menempelkan benda kecil mirip tahi lalat didekat dagu kanannya.

"Padahal tahi lalat punya Bang Rano Karno ada di dagu sisi kiri," ujar Ence Bagus kembali tertawa.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved