Caleg NasDem Asal Yogyakarta Ini Ingin Perjuangkan Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas

Dia mencontohkan, sekolah luar biasa (SLB) masih sangat jarang jumlahnya.

Caleg NasDem Asal Yogyakarta Ini Ingin Perjuangkan Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas
Kompas.com
Anggiasari Puji Aryatie, caleg Nasdem untuk dapil Yogyakarta.(KOMPAS.com/Ihsanuddin) 

Perhatian pemerintah baik di tingkat pusat dan pemerintah daerah terhadap hak-hak dasar penyandang disabilitas dirasa masih kurang.

Untuk mewujudkan maksimalnya hak-hak itu, aktivis penggiat hak-hak warga disabilitas Anggiasari Puji Aryatie memutuskan maju menjadi calon legislatif DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Anggia yang juga merupakan penyandang disabilitas menilai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) perlu terus mengawal kebijakan-kebijakan yang lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

"DPR, misalnya bisa ikut mendorong agar anggaran bagi pemenuhan hak asasi warga disabilitas, lebih besar," ujar Anggia, Jumat (3/1).

Dia mengungkapkan salah satu permasalahan yang memprihatinkan ialah tingginya jumlah anak-anak dengan disabilitas yang putus sekolah atau sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan. Faktor-faktornya antara lain, sulitnya anak disabilitas mengakses sekolah.

Dia mencontohkan, sekolah luar biasa (SLB) masih sangat jarang jumlahnya. Banyak anak yang tak bersekolah, karena letak SLB terlalu jauh.

Selain itu, masih banyak sekolah umum yang menolak anak-anak dengan disabilitas.

Alasannya, sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas untuk penyandang disabilitas. Padahal kata Anggia, anak dengan disabilitas tak boleh didiskriminasi.

"Anak dengan disabilitas boleh memilih sekolah dimanapun yang dia mau, dan sekolah tidak boleh menolaknya," katanya.

Sebenarnya, hak-hak warga disabilitas sudah dijamin dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved