VIDEO: Helm Buatan Siswa Bekasi Ini Bisa Ngecas HP Pakai Tenaga Surya

pertama kali memiliki ide membuat Helmet Smart Energy karena melihat fenomena penggunaan gadget

Andi Febriyanto (18), siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bekasi menciptakan helm canggih yang diberinama Helmet Smart Energy.

Karya ciptaannya itu bahkan sempat dilombakan dan menyabet juara dua se-Kota Bekasi.

Helmet Smart Energy merupakan helm canggih yang dilengkapi fitur pengisian daya baterai (charger) dengan memanfaatkan tenaga sinar matahari untuk menghasilkan listrik.

Selain itu, perangkat elektronik untuk membuat karya ciptaanya, Andi memanfaatkan perangkat elektronik bekas.

Pelajar jurusan Elektronika Industri ini pertama kali memiliki ide membuat Helmet Smart Energy karena melihat fenomena penggunaan gadget pada pengguna sepeda motor terutama pengemudi ojek online.

Dimana, penggunaan gadget yang terbilang cukup sering membuat pengendara banyak ditemukan memasang perangkat charger pada kendaraannya.

Tapi charger yang marak digunakan masih memanfaatkan daya listrik dari Accu (Aki).

"Kalau yang sekarang ada kan banyak pengendara pasang alat charger yang disambung ke Aki, kalau pakai alat itu Aki cepet soak, daya yang keluar juga gak stabil bisa pengaruh ke HP (ponsel), udah gitu kalau banyak Aki soak akan menambah limbah Aki," kata Andi, Rabu, (27/2/2019).

Berangkat dari ide itu, Andi kemudian mulai mengumpulkan barang-barang elektronik bekas seperti baterai bekas laptop, modul stabilizer daya, dan membeli perangkat solar sel dengan daya 5 volt.

Perangkat-perangkat itu kemudian dirakit di sebuah helm.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved