Simak Syarat dan Tahapan Pendaftaran UTBK Hingga Peraturan Baru SBMPTN 2019

Simak syarat dan tahapan pendaftaran UTBK hingga peraturan baru SBMPTN 2019. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 dibuka 1 Maret 2019.

Editor: Panji Baskhara
WARTA KOTA/GOPIS SIMATUPANG
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Bambang Wibawarta, SS, MA, mengatakan, tahun 2019 ini memang terjadi perubahan besar di bidang penerimaan mahasiswa baru. Perubahan paling mencolok adalah proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sebelumnya berbasis ujian cetak, menjadi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

Simak syarat dan tahapan pendaftaran UTBK hingga peraturan baru SBMPTN 2019

Pendaftaran gelombang pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan persyaratan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka pada 1 Maret 2019 mendatang.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menerangkan jika pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di DIY.

Dimana, tujuan dari sosialisasi tersebut agar tidak ada satupun siswa di DIY yang ketinggalan informasi mengenai pelaksanaan UTBK.

Dia menerangkan jika UTBK ini sendiri merupakan syarat untuk bisa mengikuti SNMPTN, oleh karenanya sangat penting bagi siswa untuk mengetahui mengenai info-info terkait UTBK tersebut.

VIDEO: Istri Komedian Reza Bukan, Ajukan Gugatan Perceraian

DPRD DKI Pertanyakan Perawatan JPO Instagramable Anies

Maruf Amin: Ibu-ibu Tinggal Keluarkan Kartu Jika Jokowi Jadi Presiden Lagi, Enggak Pakai Duit

"Saya dan teman-teman sudah sosialisasikan ke sekolah-sekolah berkenaan dengan SBMPTN. Supaya tidak ada satupun siswa yang ingin mengikuti tes tersebut ketinggalan informasi terkait pelaksanaannya," ungkapnya.

* Persyaratan dan Tahapan Pendaftaran

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN.

Persyaratan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.

1. Persyaratan Peserta

2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.

3. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

4. Memiliki Nilai UTBK.

5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved