Peredaran Narkoba di Lapas Marak Akibat Sipir Penjara Tak Sejahtera  

NARKOBA masih sering beredar di lembaga pemasyarakatan (lapas). Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) pun menyoroti keterlibatan Lapas dalam hal ini.

Istimewa
KETUA Dewan Pembina Granat Komjen Purnawirawan Togar Sianipar 

"Sipir penjara banyak yang tidak sejahtera, berbeda dengan TNI dan Polri. Mereka juga sangat jarang dimutasi sehingga lama di situ. Kemudian berhubungan dengan orang yang setiap hari bersinggungan dengan narkoba, jadi ada hubungan yang 'ajeg'."

NARKOBA masih sering beredar di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) pun menyoroti keterlibatan lapas dalam setiap kasus peredaran gelap narkotika.

Ketua Dewan Pembina Granat Komjen Purnawirawan Togar Sianipar menuturkan, permasalahan peredaran narkoba di Lapas ini sudah lama terjadi.

"Lapas ini seperti lingkaran setan narkoba, bukan lagi menjadi tempat bagi napi untuk insyaf," ucapnya saat ditemui di Kantor BNN, Kamis (28/2/2019).

Perombakan manajemen secara masif di tubuh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) diperlukan agar barang haram tersebut tak lagi bisa diedarkan di dalam lapas.

Ia menyebut, seharusnya Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) dan seluruh pemangku jabatan tinggi di lembaga pemasyarakatan memiliki komitmen serius dalam memberantas peredaran narkoba.

"Dirjen Pas harus punya komitmen serius, komitmen kerja, mau blusukan melihat lapas-lapas yang ada. Pemangku jabatan juga harus ditunjuk melalui assessment dan seleksi ketat," tambahnya.

Tak hanya itu, Togar menilai, evaluasi sistem kerja yang ada di Ditjen Pas juga perlu dilalukan oleh jajaran Kementerian Hukum dan Ham (Kemenhumham).

"Nggak cuma Dirjen Pas yang harus dievaluasi, sistem kerja juga harus. Otomatis kalau sistem kerja dievaluasi, orang-orangnya juga perlu dievaluasi," kata Togar.

Sipir Kurang Sejahtera

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved