Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun Tujuh JPO Sepanjang Tahun 2019

JPO yang tengah menjadi prioritas adalah JPO yang rusak berat dan roboh, antara lain JPO Jembatan Gantung di Jalan Daan Mogot, Kebon Jeruk, Jakarta Ba

Pemprov DKI Jakarta Bakal Bangun Tujuh JPO Sepanjang Tahun 2019
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, didampingi Sekda DKI Saefullah dan jajaran kepala Dinas, meninjau JPO usai meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Halte Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). Tiga JPO yang diresmikan Anies, yakni JPO Polda Metro Jaya, JPO GBK dan JPO Bundaran Senayan. Selain untuk berfoto, JPO tersebut sudah bisa dilintasi warga. 

KEBAYORAN BARU, WARTA KOTA -- Sukses merevitalisasi ketiga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, yakni JPO Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, JPO Polda Metro Jaya dan JPO Bundaran Senayan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membangun JPO artistik serupa di sejumlah wilayah lainnya.

Kabar baik itu disampaikan oleh Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho usai menghadiri peresmian JPO Gelora Bung Karno, Jalan Jenderal Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (28/2/2019).

JPO yang tengah menjadi prioritas adalah JPO yang rusak berat dan roboh, antara lain JPO Jembatan Gantung di Jalan Daan Mogot, Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan JPO Pasar Minggu, tepatnya seberang Stasiun Pasar Minggu, Jalan Raya Pasar Minggu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

JPO Jembatan Gantung diketahui roboh akibat terhantam truk pada bulan Juli 2017 lalu. Beberapa kali perbaikan, JPO tersebut kembali rusak akibat dihantam sejumlah truk yang melanggar batas tinggi barang.

Sedangkan JPO Pasar Minggu dipilih karena JPO hanya tersisa sejumlah anak tangga sejak roboh akibat angin kencang pada bulan April 2016 silam. Kala itu, JPO roboh karena tidak dapat menahan dorongan angin kencang lantaran tertahan sejumlah reklame berukuran besar yang terpasang di badan JPO.

"Desainnya belum final, saat ini sedang merampungkan disain final kedua jembatan tersebut. Pembangunan kedua jembatan pakai KLB (Koefisien Luas Bangunan)," ungkap Hari kepada wartawan.

Bersamaan dengan rencana tersebut, Hari menyebutkan kelima JPO lainnya yang akan dibangun pada tahun 2019 di antaranya tersebar di Jalan Bintaro Raya dan Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kelima JPO itu katanya akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Ketujuh JPO yang bakal dibangun katanya akan mencontek desain ketiga JPO Artistik di Jalan Jenderal Sudirman.

Seluruhnya akan dilengkapi dengan lampu LED berwarna warni, papan petunjuk, railing Pengarah, kamera Closed Circuit Television (CCTV) serta lift pada kedua sisi tangga JPO.

Desainnya landai, jadi ramah lansia, wanita hamil serta anak-anak. Selain itu, JPO juga ideal karena cukup luas dengan lebar 2,5 meter.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved