Ada ATM Beras di Masjid Jami Raudlatul Jannah Tanjung Priok, Tidak Semua Orang Bisa Gunakan

ATM di masjid ini bukan sembarang mesin untuk transaksi keuangan. ATM ini tidak mengeluarkan uang, tetapi memberikan beras

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
ATM Beras di Masjid Masjid Jami Raudlatul Jannah di Jalan Swausaha, RW 10, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (28/2/2019). 

ATM di masjid ini bukan sembarang mesin untuk transaksi keuangan. ATM ini tidak mengeluarkan uang, tetapi mengeluarkan beras. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menggunakan Anjungan Terima Mandiri di Masjid Jami Raudlatul Jannah ini

Sekilas Masjid Jami Raudlatul Jannah di Jalan Swausaha No. 17, RW 10, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara. tidak ada yang berbeda dengan masjid kebanyakan.

Namun jika diperhatikan lebih detail, Masjid Jami Raudlatul Jannah tersebut memiliki mesin Anjungan Terima Mandiri atau ATM Beras.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami Raudlatul Jannah, Barnas Sumantri, memberikan penjelasan terkait ATM spesial itu.

Barnas Sumantri mengatakan ATM Beras Masjid Jami Raudlatul Jannah itu dicanangkan oleh Forum Ukhuwah Islamiyah Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FUI Iluni FKUI).

“Tujuannya untuk menyejahterakan sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat duafa yang ada di lingkungan kami,” kata Barnas, Rabu (27/2) malam.

Maruf Amin Anggap NU Ormas Islam yang Paling Disegani: Dehem Aja Langsung Gemetar

BREAKING NEWS: Gempa Berkekuatan 5,6 SR Guncang Sumatera Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Hotman Paris Hutapea Mendadak Posting Terjadi Serangan Tengah Malam

Fasilitas yang diresmikan pada 13 Januari 2019 itu memang sebagai bentuk kepedulian akan kaum duafa di sekitaran masjid.

Sementara ide ATM Beras juga sebagai alternatif lain kepada kaum duafa selain uang tunai.

ATM Beras di Masjid Masjid Jami Raudlatul Jannah di Jalan Swausaha, RW 10, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (28/2/2019).
ATM Beras di Masjid Masjid Jami Raudlatul Jannah di Jalan Swausaha, RW 10, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (28/2/2019). (Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan)

“Kalau uang mungkin sekali kasih habis, kalau beras mungkin sekeluarga bisa makan. Kalau uang kita kasih Rp 100 ribu mungkin buat sendiri atau cukup berdua. Tapi, kalau beras satu liter bisa buat 3-4 orang,” ucapnya.

3 Emak-emak Hina Jokowi, Tanggapan TKN Jokowi-Maruf Terkait Putusan Bawaslu Sebut Tak Langgar Pemilu

UPDATE: Emak-emak Karawang Tersangka Ujaran Kebencian ke Jokowi Sehari-hari Dagang Es Campur

Menurut Barnas, mereka yang dapat menggunakan ATM Beras hanya 33 orang kaum duafa yang terdaftar.

Para pemegang kartu ATM Beras itu menjadi prioritas karena berdasarkan tingkat perekonomian mereka.

“Kami juga mengharapkan kepada donatur-donatur khususnya yang ada di wilayah RW 10 sedianya untuk menyumbangkan sebagian hartanya untuk menyejahterakan sesama Muslim sesama orang nggak punya supaya sama,” katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved