YouTubers Ini Memberikan Beasiswa ke Tiga Mahasiswa dari Hasil NgeVlog

Perayaan perolehan 1 juta subscriber dilakukan YouTubers Andovi da Lopez dengan memberikan beasiswa untuk tiga mahasiswa di tiga kampus berbeda.

YouTubers Ini Memberikan Beasiswa ke Tiga Mahasiswa dari Hasil NgeVlog
Dokumentasi Max Pictures
Andovi da Lopez 

Andovi da Lopez (25), pemain film dan YouTubers, senang saat sebagian penghasilannya didunia maya era modern ini bisa ikut 'menghidupi' orang lain.

Meski mulai banyak yang mencaci-maki karena peran Herdi di Dilan 1991, Andovi tidak mempersoalkannya.

Bagi Andovi, Herdi hanyalah peran dalam film, bukan dirinya di kehidupan nyata. Toh, sejatinya, Andovi tetap berbuat baik bagi sesama dengan menyumbangkan sebagian penghasilan untuk beasiswa.

"Daripada memberi ponsel, mendingan (membantu membiayai) untuk pendidikan," kata Andovi berbincang di Restoran Mang Engking, kawasan Kopo, Bandung, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019) malam.

Dana pendidikan itu bukan hanya dari kantong Andovi saja. Kakaknya yang menyandang gelar sarjana Teknik Fisika Jurusan Energi Nuklir Universitas Indonesia juga berbagi penghasilan sebagai beasiswa.

"Gue sama kakak gue yang juga YouTubers menjadi satu-satunya YouTubers yang memberi beasiswa ke orang lain," jelas Andovi, lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu.

Saat ini Andovi membiayai tiga mahasiswa selama kuliah hingga lulus dan menjadi sarjana.

Ketiganya masing-masing kuliah di Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung (Unila), Lampung, Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi UNS Solo, Jawa Tengah, dan Fakultas Teknik Arsitektur UGM, Sleman, Yogyakarta.

"Mereka sama-sama masih kuliah di semester dua," jelas Andovi yang setiap saat menekankan ke para anak asuhnya tersebut supaya berpendidikan sambil berkarya.

Perayaan 1 Juta Subscriber

Hal itu pula yang ditekankan Andovi dan kakaknya di channel YouTube mereka.

"Kuliah nggak harus di UI (Universitas Indonesia). Yang penting selesai kuliah. Jangan jadi YouTubers tapi nggak berpendidikan," ujar Andovi.

Beasiswa itu diberikan Andovi sebagai bagian perayaan atas capaian 1 juta subscriber di channel YouTube-nya.

Beasiswa itu diberikan Andovi bekerjasama dengan aplikasi Ruang Guru.

"Mereka (Ruang Guru) memberi gue tiga pilihan anak dan tiga anak ini yang akan kami biayai sampai lulus kuliah. Uangnya benar-benar duit sendiri, bukan dari sponsor," jelasnya.

Penulis:
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved