VIDEO: Ratusan Pelajar SMP Jalani Program Wajib Kunjung Setu Babakan

wisata edukasi bagi anak-anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), untuk mengenalkan aneka ragam kebudayaan Betawi

Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta Selatan memulai program wajib kunjung ke Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

Program ini merupakan salah satu unggulan selain program wajib kunjung museum yang digagas Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali dalam rangka mendekatkan generasi muda dengan budaya, kearifan lokal serta semangat nasionalisme.

Marullah mengatakan, kegiatan ini ditujukkan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), untuk mengenalkan aneka ragam kebudayaan Betawi sembari berwisata.

"Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pengenalan kampung budaya betawi Setu Babakan. Rasanya kurang pas kalau sekolah di Jakarta Selatan tidak tahu tempat wisata budayanya. Sembari mengenal kebudayaan, anak-anak juga bisa berwisata di sana," ujarnya.

Program ini sejalan dengan upaya "pembangunan manusia" yang menjadi semangat Gubenur Anies Baswedan yang menjadi bagian dari jargon Maju Kotanya, Bahagia Warganya.

Sebelumnya, Anies berkomitmen tidak akan hanya fokus kepada pembangunan infrastruktur namun juga memperhatikan perbaikan mental, peningkatan disiplin dan spiritual serta kecintaan masyarakatnya terhadap budaya.

Dalam bidang perekatan silaturahim warga dengan olahraga, Anies menggelar Festival Olahraga Sepanjang Tahun yang digelar mulai lingkup RW hingga provinsi juga kerjabakti massal setiap Jumat.

Dalam hal peningkatan spiritual, dilakukan melalui maghrib mengaji dan subuh gabungan. Dalam hal peningkatan tingkat bahagia, dilakukan dengan menambah intensitas kegiatan car free day yang kini digelar di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Keperdulian terhadap kalangan tidak mampu dilakukan dengan penerbitan Kartu Jakarta Lansia (KJL) selain program Kartu Jakarta Pintar yang lebih dulu ada.

Kepala UP PBB Setu Babakan Rofiqoh Mustafa, mendukung kegiatan wajib kunjungan ini bagi siswa-siswi SMP di Jakarta, untuk belajar dan mengenal lebih banyak tentang kebudayaan Betawi.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved