Breaking News:

Penataan Trotoar

Trotoar di Jalan Satrio dan Jalan Casablanca Akan Ditata, Usung Konsep Complete Streets

Anies Baswedan akan melakukan penataan trotoar besar-besaran di Jakarta. Dimulai dengan menggelar audiensi dengan warga DKI untuk menjaring masukan.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi: Mobil parkir di atas trotoar di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019). 

Anies Baswedan akan melakukan penataan trotoar besar-besaran di Jakarta. Dimulai dengan menggelar audiensi dengan warga DKI untuk menjaring masukan. Penataan akan mengusung konsep Complete Streets.

DINAS Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, akan melakukan penataan trotoar di Jalan Prof Dr Satrio dan Jalan Casablanca, di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Penataan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat ketika melintasi jalan tersebut.

Sebagai langkah awal, Dinas Bina Marga melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan, terlebih dahulu menggelar audiensi dengan masyarakat di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, di sejumlah titik di sepanjang Jalan Prof Dr Satrio dan Jalan Casablanca sulit untuk dilewati oleh pejalan kaki.

Ini Isi Lengkap Surat Cinta Reino Barack Calon Suami Syahrini untuk Luna Maya saat Masih Pacaran

Penampilan Terbaru Puput Nastiti Sepulang Liburan Bersama Ahok Menjadi Sorotan

Akhirnya Polisi Ungkap Identitas Perempuan Terkait Dugaan Ujaran Kebencian Pada Capres 01

Selain karena kerusakan trotoar, sebagian trotoar juga digunakan sebagai lokasi parkir.

"Pada waktu-waktu tertentu trotoar di sana sulit dilewati. Harapan kita semua, setelah dilakukan perbaikan, para pejalan kaki bisa merasakan kenyamanan," ujar Marullah.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Khusus Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta Riri Asnita, menerangkan, penataan jalan tersebut akan mengusung konsep Complete Streets.

Complete Streets adalah kebijakan transportasi dan pendekatan desain yang mengharuskan jalan untuk direncanakan, dirancang, dioperasikan, dan dipelihara untuk memungkinkan perjalanan yang aman, dan nyaman dan akses bagi pengguna dari segala usia dan kemampuan.

Terkait dengan pembangunan trotoar yang Complete Streets tersebut, kata Riri, pihaknya harus juga melibatkan unsur terkait, terutama masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved