BERITA VIDEO : Kogartap I/Jakarta Siap Amankan Jakarta dan Unjuk Kekuatan Besok Pagi

Kogartap I Jakarta siap mengamankan Pemilu 2019. Besok pasukan TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta unjuk kekuatan amankan Jakarta.

Komandan Garnisun Tetap (Kogartap) I Jakarta Brigjen Heryanto Saputra didampingi staf ahli AM Putut Prabantoro memberikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers di Mako Garnisun Tetap 1/Jakarta, Jalan Medan Merdeka Timur No. 3, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2019).

Dalam keterangannya Brigjen Heryanto mengatakan bahwa pada Rabu (27/1) pukul 07.00 akan digelar apel tiga pilar pengamanan Pemilu 2019 di Monas, Jakarta Pusat.

“Besok akan ada hampir 460 personel Kogartap I/Jakarta yang hadir di antara total 1.500 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemprov Jakarta dalam apel siaga tiga pilar besok yang akan menunjukkan kesiapan menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” ungkap Brigjen Herianto ditemui di Mako Gartap I/Jakarta di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

VIDEO: Letusan Senjata di Polda Metro Jaya, Demi Pengamanan Pemilu

583 Personel Gabungan Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Bola Kebon Jeruk

ia melanjutkan "Apel ini untuk menunjukkan bahwa TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta siap mengamankan pelaksanaan Pemilu di Jakarta" kata Brigjen Heryanto.

Dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu di Jakarta, Brigjen Herianto mengatakan Kogartap I/ Jakarta dalam posisi mendukung Kodam Jaya.

“Meskipun belum dilibatkan langsung, kami siap kapan pun jika diperlukan karena kami dalam posisi mendukung Kodam Jaya serta Polda Metro Jaya sebagai pusat kendali pengamanan Pemilu 2019 di Jakarta,” tegasnya.

Gubernur Anies Rombak 1.100 Pejabat di Dinas, Camat, Hingga Lurah di Jakarta

BERITA FOTO: Wakil Presiden Jusuf Kalla Tinjau MRT, Ini Pesannya kepada Gubernur Anies Baswedan

Garnisun Tetap I Jakarta memiliki delapan Sub Garnisun di wilayah DKI Jakarta dan sebagian wilayah Tangerang, Banten dan Jawa Barat, di Bekasi dan Depok.

Menurut Komandan Garnisun, apel akan dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dihadiri para unsusr pimpinan tiga pilar di wilayah DKI Jakarta.

Dalam sesi wawancara, Brigjen Heryanto juga menjamin bahwa anggota TNI akan netral dalam Pemilu 2019.

"Dalam pemilu ini Netralitas (TNI) sudah pasti ya, TNI netral sudah pasti" katanya dengan tegas.

Sidang Perdana Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet, Polda Metro Siapkan Pengamanan

Kapolda Metro Jaya Pastikan, Tujuh Orang Saksi Diperiksa Terkait Kebakaran Kapal di Muara Baru

Garnisun Tetap I/Jakarta atau (Gartap I/Jakarta) adalah salah satu satuan dibawah Mabes TNI.

Satuan Garnisun tetap I/Jakarta merupakan organisasi militer yang bertugas pokok menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI dan PNS TNI di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Gartap I/Jakarta juga melakukan pembinaan dan pengelolaan staf seluruh jajaran Gartap I/Jakarta dalam tugas-tugas protokoler kenegaraan maupun skala nasional.

VIDEO: Razia Anggota TNI Berkendara Oleh Subgarnisun Depok di Jalan Raya Bogor

Subgarnisun Depok Gelar Razia Anggota TNI Berkendara

Menurut Staf Ahli Kogartap I/Jakarta AM Putut Prabantoro saat dihubungi Warta Kota, Satuan Kogartap I/Jakarta selain bertugas dalam penegakan disiplin anggota TNI di wilayah Jakarta dan sekitarnya, juga bertanggung jawab dalam protokoler dan upacara kemiliteran pemakaman bagi anggota TNI di wilayah tanggung-jawabnya.

 Videografer : Warta Kota/Adhy Kelana

Penulis: Adhy Kelana
Editor: Alex Suban
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved