Breaking News:

Dicari, 54 Calon Paskibraka Jakarta Utara

Sebanyak 54 pemuda-pemudi di Jakarta Utara dicari untuk bergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat mengibarkan bendera pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (17/8). 

Sebanyak 54 pemuda-pemudi di Jakarta Utara dicari untuk bergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota.

Selanjutnya proses seleksi akan dilakukan pada bulan Maret 2019 mendatang.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara, Heru Haryanto mengatakan untuk memperoleh 54 pemuda-pemudi terbaik yang akan bergabung dalam paskibraka terlebih dahulu harus mengikuti proses seleksi.

“Seleksi tingkat kecamatan 24 Maret 2019 dan tingkat kota 30-31 Maret 2019,” kata Heru, Senin (25/2).

Pada tingkat kecamatan kuota yang dibuka sebanyak 600 peserta. Sementara untuk tingkat kota disaring lagi hingga 300 peserta.

Nantinya akan dilakukan seleksi untuk menjaring 54 peserta yang akan bergabung dalam Paskibraka 2019.

“Pengibaran bendera merah-putih pada Hari Kemerdekaan di Kantor Wali Kota Jakarta Utara menjadi tugas pertamanya nanti,” ucapnya.

Menurut Heru, nantinya beberapa dari pemuda-pemuda yang terpilih, mereka juga direkomendasikan untuk mengikuti seleksi paskibraka pada tingkat selanjutnya yakni provinsi dan nasional.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Utara, Satrya Nico Firdaus mengatakan seleksi tingkat kecamatan dan kota akan digelar di kantor Walikota Jakarta Utara.

Para peserta berasal dari pelajar SMA sederajat dari undangan maupun pendaftaran.

“Indikator yang kita seleksi antara lain postur tinggi badan, kesehatan, psikologi, dan kemampuan fisik,” jelasnya.

Namun sebelum dilakukan seleksi, pihaknya akan menggelar latihan gabungan dari alumni Paskibraka tahun sebelumnya di Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada Sabtu (3/3) mendatang untuk menggugah semangat peserta seleksi Paskibraka 2019.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved