Transportasi Jakarta

Beroperasi Akhir Maret, Berapa Tarif LRT Jakarta?

LRT Jakarta menyatakan kesanggupannya untuk mengoperasikan kereta LRT Jakarta rute Velodrome - Kelapa Gading pada akhir Marer 2019 mendatang.

Beroperasi Akhir Maret, Berapa Tarif LRT Jakarta?
Warta Kota/Rangga Baskoro
Penumpang LRT di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/2). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

PULOGADUNG, WARTA KOTA -- PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta menyatakan kesanggupannya untuk mengoperasikan kereta LRT Jakarta rute Velodrome - Kelapa Gading pada akhir Marer 2019 mendatang.

Segala kelengkapan jelang pengoperasiannya masuh terus dikakukan, termasuk pembahasan tarif yang kini tengah digodok pihak Pemprov DKI Jakarta.

"Kita tidak lupa ada penetapan tarif yang harus ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dan laporan yang kami dapat, Pemprov DKI sudah membahas ini dan semua proses sedang berlangsung dan melibatkan DPRD," kata Dirut PT LRT Jakarta, Allan Tandiono di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/2).

Namun demikian, pihaknya sudah melakukan kajian dan rekomendasi terkait tarif kereta yang diajukan oleh Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Tarif tersebut ditetapkan sekaligus apabila rute keseluruhan jalur sepanjang 116 km sudah terealisasi.

"Sesuai pergub itu ada aturannya rekomendasi yang akan diberikan. Waktu itu sudah diberikan oleh DTKJ dan merekomendasikan Rp 10.800 dengan catatan LRT terintegrasi dengan BRT TJ untuk membawa penumpang LRT Jakarta dari Pulomas - Kayu Putih - Dukuh Atas. Jadi kita bicaranya Kelapa Gading - Dukuh Atas, Pulomas - Dukuh Atas, Kayu Putih - Dukuh Atas. Dan itu yg memang direkomen DTKJ kisaran Rp 10.800," ungkapnya.

Berdasarkan timeline dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, pada 4 Maret 2019 Ditjen Perkeretaapian akan melakukan safety assesment atau penilaian aspek keselamatan tahap 2.

Lalu pada 11 Maret 2019, PT Jakarta Propertindo selaku pelaksana proyek melakukan proses izin usaha, izin operasi, PSO, penetapan tarif, dan permohonan operasi ke Gubernur DKI Jakarta.

Jika proses tersebut berjalan lancar, maka LRT sudah bisa dioperasikan secara komersil pada akhir Maret 2019. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved